Waspada penyakit ‘Whatsappitis’

Pernahkan Anda menyadari jari-jari Anda berubah bentuk setelah sibuk mengetik dengan ponsel? Jika ya, maka Anda tidak sendiri.

“Smartphone Pinky” atau kelingking bengkok di bagian tangan dominan dapat terjadi pada orang yang menggunakan gawai setidaknya enam jam sehari seperti dilansir dari The Indian Express, Kamis (28/1).

Dokter dari Universitas Curtin di Australia mengatakan, kebengkokan itu disebabkan oleh beban ponsel cerdas yang ditahan jari kelingking.

Cara termudah untuk mencegah cedera ketika menggunakan ponsel adalah dengan menghindari penggunaan yang terlalu lama. Sebuah laporan dari jurnal The Lancet mengatakan, ‘Whatsappitis’ betul-betul menjadi penyakit yang nyata. Hal itu karena seorang dokter di Spanyol mendiagnosis pasien wanita berusia 34 tahun yang mengalami nyeri pergelangan tangan karena penggunaan Whatsapp berlebih.

“Dia (pasien) memegang telepon genggamnya selama setidaknya enam jam dan terus menerus menggunakan dua ibu jari untuk mengirim pesan ke kerabat dan teman,” tulis dokter Ines M Fernandez-Guerrero dalam jurnal. Keesokan paginya, lanjutnya, wanita tersebut terbangun dengan rasa sakit di pergelangan tangan.

Ia pun menangani pasien tersebut dengan obat anti radang dan memintanya untuk menghindari penggunaan ponsel.

sumber : Republika.co.id

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *