Tujuh Makanan Sehat Pengganti Suplemen

Suplemen merupakan suatu asupan alternatif yang sering digunakan setiap orang untuk mendapatkan nutrisi tambahan. Biasanya orang yang mengkonsumsi suplemen ini tidak suka untuk makan makanan yang alami. Tapi tahukah Anda bahwa nutrisi yang terdapat dalam suplemen ternyata terisolasi sehingga tidak menciptakan manfaat yang diinginkan dan bahkan memiliki efek samping. Banyak makanan alami yang dapat kita konsumsi daripada kita mengkonsumsi suplemen yang jelas mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Dalam  sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi ia mencoba melihat interaksi beberapa nutrisi dalam makanan jika dikonsumsi bersama-sama. berdasarkan hal tersebut berikut ini merupakan
deretan makanan yang memiliki kombinasi nutrisi yang lebih baik dibandingkan dengan suplemen.

1. Gandum 
Makanan khas salah satu suku di Indonesia ini ternyata memiliki nutrisi yang baik dibandingkan dengan mengkonsumsi suplemen. Serat – serat pada gandum dapat menurunkan risiko kematian yang lebih rendah atau dapat memperpanjang usia seseorang karena senyawa aktif pada lapisan aleuron dan dedak gandum tersebut. Seluruh jenis biji-bijian utuh sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan. Namun, beberapa biji-bijian olahan tidak memiliki manfaat yang sama dan diperlukan oleh tubuh kita.

2. Apel 
Buah apel memang kaya akan nutrisi penting seperti kalsium, vitamin A, C dan juga protein. Buah bulat dan manis yang satu ini di dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa gabungan kulit dan daging buah apel mampu menghambat sel kanker. Kebanyakan orang salah kaprah tentang apel ada yang mengupas kulitnya terlebih dahulu sebelum memakannya. Namun ternyata kulit dan daging buah apel sangatlah bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel – sel kanker pada tubuh kita.

3. Tomat
Tidak disangka buah yang satu ini ternyata memiliki manfaat penting bagi laki – laki. Mengapa demikian ? Tomat adalah sumber lycopene dengan manfaat yang besar bagi kesehatan prostat. Sebenarnya, bukan hanya lycopene yang berjasa pada prostat kita, tetapi kombinasi phytochemical dan lycopene adalah kunci yang membuat tomat baik untuk prostat. Jadi untuk para laki – laki sangatlah baik untuk mengkonsumsi tomat minimal satu hari sekali.

4. Buah delima
Buah delima adalah buah yang selain dapat memperlancar pencernaan dan proses metabolisme juga mengandung aktivitas biologis yang lebih besar pada prostat, usus besar, dan kanker mulut dibandingkan dengan polifenol (antioksidan) saja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus buah delima atau pun dengan mengkonsumsi nya langsung.

5. Brokoli
Sayuran hijau yang satu ini memang tak dapat dipungkiri merupakan salah satu makanan anti kanker yang ampuh. Ini berkat adanya kandungan senyawa sulforaphane yang terdapat dalam brokoli. Sebuah uji coba yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa efek anti-kanker senyawa tersebut secara efektif didapat dari brokoli yang tidak diolah.

6. Jeruk
Mungkin kamu pernah mendengar vitamin C akan lebih mudah diserap tubuh jika diasup dalam bentuk buah daripada suplemen. Vitamin C dikenal sebagai vitamin yang membantu meningkatkan penyerapan zat besi Jika kamu membutuhkan asupan lebih zat besi, pastikan kamu mengonsumsinya dengan makanan yang mengandung vitamin C.

7. Kopi
Pertemuan kompleks antara antioksidan fenolat dalam kopi dapat membantu melindungi tubuh dari aterosklerosis. Ini adalah sebutan bagi kondisi peradangan pada pembuluh darah manusia yang disebabkan penumpukan plak. Interaksi senyawa inilah yang memberi manfaat sehat bagi tubuh.

sumber : viva.co.id

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *