Trafi Bidik 185 Juta Penumpang TransJakarta

Trafi ditunjuk sebagai mitra aplikasi Jakarta Smart City dan pendukung TransJakarta. Aplikasi transportasi ini diharapkan bisa melayani 185 juta penumpang TransJakarta dengan informasi kedatangan bus secara real-time.

Informasi yang disediakan lewat aplikasi Trafi ini mulai dari menampilkan estimasi kedatangan bus secara aktual, memberikan pilihan rute tujuan penumpang, hingga melaporkan keluhan penumpang yang akan direspons oleh TransJakarta.

“Dengan bekerjasama dengan TransJakarta, maka masyarakat dapat mengetahui jadwal kedatangan bus dengan tingkat akurasi yang tinggi. Tentu, itu bisa menghemat waktu penumpang,” ujar Country Manager Indonesia Trafi Dimas Dwilasetio, dalam keterangannya, Minggu (5/2/2017).

Dengan menggandeng TransJakarta yang notabene adalah salah satu transportasi publik di Ibu Kota, Trafi bisa mendorong masyarakat untuk lebih memanfaatkan kendaraan umum ketimbangan kendaraan pribadi.

Hal senada diungkapkan Direktur Utama TransJakarta Budi Kaliwono, bahwa deretan informasi yang ditampilkan Trafi akan membantu penumpang beralih menggunakan transportasi umum.

“Keunggulan ini meningkatkan jumlah pelanggan TransJakarta karena pengguna kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda dua ataupun roda empat beralih ke transportasi publik, seperti TransJakarta.

Trafi tak hanya menyuguhkan informasi 82 rute TransJakarta saja, melainkan aplikasi yang bisa diunduh di Play Store dan App Store ini juga menampilkan informasi transportasi seperti 500 rute angkot, 24 rute shuttle bandara, 7 lajur KRL, hingga informasi interigasi dengan Gojek, Uber, dan Grab.

Dengan memberikan informasi transportasi kepada masyarakat, hal itu semakin menasibhkan terwujudnya Jakarta Smart City dalam hal data sharing. Nantinya data tersebut untuk menganalisis pola penggunaan transportasi umum guna pengembangan kebijakan dan perencanaan kota lebih lanjut.

“Data sharing yang dilakukan, diharapkan dapat bermanfaat untuk referensi kebijakan guna meningkatkan pelayanan transportasi publik yang lebih baik,” kata Kepala Unit Jakarta Smart City, Setiaji.

Permudah Layani Penumpang

Dengan menggandeng Trafi sebagai mitra kerjasama, TransJakarta mempunyai harapan besar guna merealisasikan target di tahun 2017. Pada tahun ini, TransJakarta ingin melayani 185 juta penumpang.

Trafi yang merupakan aplikasi penyedia informasi transportasi publik ini, telah menyediakan informasi secara real-time soal keberangkatan bus TransJakarta. Diharapkan informasi tersebut dapat memudahkan dan mengalihkan masyarakat dari kendaraan pribadi ke transportsi publik.

“Kami sangat berharap Trafi bisa membantu pelayanan kerja kami untuk mencapai target dan bisa dijangkau,” ujar Direktur Utama TransJakarta Budi Kaliwono.

Budi menuturkan bahwa tahun lalu TransJakarta telah mengangkut 124 juta penumpang. Maka di tahun 2017, TransJakarta memiliki target dapat mencapai pelayanan kepada 185 juta penumpang.

“Peningkatan target sekitar 50% itu tentu bekerjasama dengan Trafi membuat jangkauan kami meningkat. Di situ Trafi bisa mendukung meningkatkan kapasitas kami,” ucapnya.

Budi enggan membeberkan perihal adopsi teknologi apalagi yang akan dilakukan oleh TransJakarta di tahun 2017. Ia hanya menjelaskan soal penambahan jumlah armada hingga rute yang dilalui busnya.

Disampaikan Budi, tahun ini TransJakarta akan menambah hingga mencapai 3.000 armada bus. Sedangkan rutenya akan ditambah menjadi 152 rute perjalanan.

“Jumlah armada bus ditarget tahun ini bisa berjumlah 3.000 kendaraan dan rutenya jadi 152 dari sebelumnya 80 rute perjalanan,” imbuhnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *