Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

By : Devita

 Jerawat adalah sejenis penyakit kulit yang seringkali timbul pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Munculnya jerawat biasanya juga diikuti dengan timbulnya bintik-bintik seperti komedo hitam dan komedo putih.

Pada kasus parah seperti komedo yang berisi nanah dan kista, jenis ini biasanya akan meninggalkan bekas luka. Kemunculan jerawat di kulit ditandai dengan tanda-tanda seperti kulit yang berminyak dan muncul bintik-bintik, bahkan kadang kulit terasa panas dan sakit saat disentuh. Celakanya, wajahlah yang jadi bagian pada tubuh yang paling sering mengalami jerawat.

Munculnya jerawat juga tak membedakan jenis kelamin. Jerawat bisa menyerang siapapun, baik pria maupun wanita dan pada usia berapa pun. Para remaja dengan usia 14-19 tahun, sangat mudah terkena jerawat. Penyebabnya disebutkan karena perubahan kadar hormon selama masa puber, yang mempengaruhi kelenjar penghasil minyak atau sebum yang terletak dekat dengan folikel rambut di kulit.

Karena aktivitas kelenjar ini meningkat, maka produksi sebum pada wajah juga meningkat. Tumpukan sebum ini kemudian akan bercampur dengan kotoran dan sel kulit yang mati, yang berakibat pada pori-pori yang tersumbat. Pada kondisi kulit seperti inilah bakteri Propionobacterium acnes yang merupakan bakteri penyebab jerawat akan berkembang dengan cepat.

Tindakan pencegahan merupakan cara yang terbaik untuk mengatasi jerawat. Upaya pencegahan munculnya jerawat ini di antaranya:

  1. Jaga kebersihan kulit di area yang berjerawat.
  2. Bersihkan area tersebut dengan menggunakan pembersih atau sabun wajah sebanyak dua kali sehari.
  3. Gosok kulit dengan lembut agar tidak mengalami iritasi.

Namun seringkali setelah sembuh, jerawat menimbulkan bekas luka kadang akibat dari memencet sembarangan. Hal ini tentu mengurangi rasa percaya diri. Bekas jerawat yang masih tampak jelas di wajah terasa sangat mengganggu. Anda mungkin telah melakukan berbagai macam cara untuk menghilangkan bekas jerawat, baik dengan berobat ke dokter kulit ataupun dengan mencoba berbagai macam produk obat-obatan. Yang tentunya akan menguras kantong Anda.

Akan tetapi, ada alternatif yang lain daripada menggunakan berbagai macam produk yang mahal dan belum tentu cocok untuk kulit Anda. Cara yang sebaiknya Anda lakukan adalah menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang timbul. Yuk segera simak cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat.

 

Tips Cara menghilangkan bekas jerawat

  1. Madu

Madu memiliki berjuta khasiat. Salah satunya adalah untuk membantu menghilangkan jerawat. Sifat antibakteri dan antiinflamasi pada madu bisa membantu meredam kemerahan jerawat yang tengah meradang.  Madu digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Karena bahan alami pada madu sangat banyak manfaatnya, kandungan antibiotic nya mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat.

Caranya adalah :

  1. Siapkan madu murni
  2. Oleskan pada bekas jerawat
  3. Biarkan hingga madu mengering
  4. Bilas dan bersihkan dengan air hangat

   2. Lidah Buaya 

Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Tumbuhan ini sudah tidak asing lagi khasiatnya, selain banyak digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Lidah buaya juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Lidah buaya mengandung zat aloesin yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Anda dapat menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam bekas jerawat dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang bermasalah.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat menggunakan lidah buaya :

  1. Ambil daun lidah buaya dan potong menjadi beberapa bagian, lalu kupas kulitnya.
  2. Keluarkan dan ambil gel lidah buaya, haluskan dulu.
  3. Lalu oleskan pada wajah Anda.
  4. Diamkan selama 10-15 menit.
  5. Bilas wajah dengan menggunakan air hangat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.