Tips! Bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat

By : Audia Rizky Ayu Amara

Tips! Bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat

Bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat? Tuhan menciptakan manusia dengan akal dan pikiran. hal itu yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Pentingnya menjalankan hidup penuh toleransi di tengah masyarakat dan lingkungan sekitar untuk mau mendengar dan menerima pendapat orang lain. Untuk mengalahkan ego pribadi merupakan sikap toleran terhadap pendapat orang lain.

Dalam organisasi, menghargai pendapat orang lain menjadi hal penting untuk mengatasi perbedaan pendapat karena di dalam organisasi diperlukan dinamika untuk mendorong para anggota dalam meningkatkan peran di dalam organisasi. Jika saat menyampaikan informasi atau pendapat saja sudah dimentahkan , maka bukan tidak mungkin hal tersebut akan menutup keterlibatan anggota tersebut dalam organisasi yang di ikutinya, bisa saja anggota tersebut keluar dari organisasi yang sedang di ikuti.

Perbedaan pendapat adalah hal biasa, dan jangan menjadikan perbedaan pendapat sebagai alat perpecahan yaaa 🙂

Nah.. Bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat yang ada di sekitar kita? Yuk coba di simak tipsnya ya..

Cara mengatasi perbedaan pendapat

1. Cara mengatasi perbedaan pendapat di tempat kerja

Perbedaan pendapat selalu ada dalam suatu hubungan, di dalam tempat kerja di mana sebagian besar waktu yang dimiliki dihabiskan di tempat kerja. Sebuah penelitian mengatakan 10% konflik terjadi di tempat kerja dikarenakan perbedaan pendapat yang ada. Meski terlihat alami, namun sebenarnya hal ini perlu didiskusikan.

Cara mengatasi perbedaan pendapat di tempat kerja

Ini dia tipsnya Bagaimana mengatasi perbedaan pendapat di tempat kerja :

a. Bersikap sopan dan santun terhadap setiap jenis serangan yang datang.

b. Tetap bersikap tenang dan mendengarkan. Berteriak sekeras mungkin atau lebih keras dari orang yang berlawanan atau menyerang kamu hanya akan memperburuk keadaan.

c. Gunakan postur tubuh yang tepat. Jangan menyilangkankan tangan karena akan menimbulkan kesan agresif.

d. Tunjukkan sikap yang menyatakan bahwa kamu bersedia untuk memahami dan mengerti sudut pandang orang lain.

2. Cara mengatasi perbedaan pendapat di lingkungan sekitar

Kita tidak bisa memaksakan apa yang kita mau atau kehendak kita dan menyalahkan pendapat orang lain, untuk itu musyawarah hadir untuk mengatasi perbedaan pendapat yang tidak diatasi dengan bijak.

Berikut ini adalah cara mengatasi perbedaan pendapat yang bisa dilakukan ketika ada perbedaan pendapat yang terjadi di lingkungan sekitar kita :

  1. Jangan sampai terpancing emosi dan tetap bersikap sopan dan santun, karena perbedaan pendapat umumnya memancing emosi.
  2. Menjadi pendengar yang baik dan jangan memancing emosi orang lain dengan berkata dengan suara lantang atau keras.
  3. Tetap berwibawa. Postur tubuh menunduk atau menampilkan muka murung akan membuat lawan bicara terus menyerang.
  4. Selalu tersenyum dan bersikap tenang. Tunjukkan kamu adalah orang yang mau mendengarkan pendapat orrang lain.
  5. Jangan terlalu mendominasi apalagi merasa pendapatmu yang paling benar. Itu hanya akan membuat salah tingkah, bisa-bisa salah bicara.
  6. Menerima keputusan yang ada. Walaupun tidak selamanya yang benar itu menang, tetapi mengambil titik temu untuk memecahkan masalah itu lebih baik, daripada timbul masalah baru yang tidak berujung penyelesaian.

3. Cara mengatasi perbedaan pendapat di keluarga

Perbedaan pendapat adalah suatu hal yang sangat wajar, bahkan hal ini sering kali terjadi di dalam suatu keluarga. Perbedaan pendapat dalam keluarga tidak dapat dihindari begitu saja, sebaiknya dihadapi secara bijaksana. Nah, berikut ini adalah cara mengatasi perbedaan pendapat dalam keluarga.

cara mengatasi perbedaan pendapat keluarga

a. Menyelesaikan pertengkaran dengan pertemuan keluarga

Buatlah keluarga yang terbuka dalam menyampaikan pendapat dan cara pandangnya. Tetap dengan sikap yang baik dan menghargai anggota keluarga yang lain. Ajak seluruh anggota keluarga berkumpul dan berdiskusi bersama untuk mengatasi pertengkaran atau perbedaan pendapat yang terjadi. Dengan saling mendengarkan pendapat masing-masing tanpa emosi adalah cara yang bijaksana dalam menyikapinya perbedaan yang ada.

b. Cara menyampaikan pendapat dengan baik

Pertengkaran yang terjadi sebenarnya bukan disebabkan oleh perbedaan pendapat. Namun, cara penyampaian pendapat yang kurang tepat. Pada umumnya, seseorang tidak menyadari jika cara penyampaian pendapat yang kasar dan terkesan menyalahkan hanya akan memunculkan pertikaian. Oleh karena itu, dalam menyampaian pendapat perlu lebih berhati-hati dan lebih mementingkan perasaan anggota keluarga yang lain.

c. Saling menghargai pendapat anggota keluarga yang lain

Perlu disadari jika setiap orang memiliki kebebasan untuk berpendapat, dan ketika Anda tidak setuju bukan berarti pendapatnya salah bukan? Oleh karena itu, dalam sebuah keluarga diperlukan rasa saling menghargai agar segala macam perbedaan dapat teratasi dengan baik.

Setiap orang dilahirkan berbeda, lebih bijaksana jika Anda dan keluarga menyikapi perbedaan yang ada sebagai cara untuk saling melengkapi satu sama lain. Ciptakan keluarga yang saling menyayangi walaupun dalam perbedaan ya.

Itu dia beberapa Tips mengatasi perbedaan pendapat yang biasanya sering kali kita semua temui di dalam kehidupan kita yaa teman-teman. Semoga tips mengatasi perbedaan pendapat yang dibagikan bisa diterapkan untuk menciptakan suasana yang tentram dan harmonis didalam kehidupan kita sehari-hari yaa.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu bersyukur 🙂

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.