Ternyata, posisi tidur bisa memengaruhi mimpi seseorang

Pernah bertanya-tanya bagaimana posisi tidur Anda mempengaruhi mimpi?

Nah, menurut sebuah penelitian yang keluar beberapa tahun lalu, dan baru-baru dilaporkan Matt Berical dari Van Winkle, perjalanan menerawang pulau kapuk bisa dipengaruhi posisi tidur Anda.

Diterbitkan dalam jurnal Sleep and Hypnosis 12 tahun yang lalu, studi ini melihat di mana posisi orang tidur dan apakah ini memiliki korelasi dengan frekuensi dan jenis mimpi mereka.

Pada suatu wawancara semi-terstruktur, para peneliti meminta 63 partisipan (45 laki-laki, 18 perempuan) memperhatikan kecenderungan posisi tidur dan posisi setelah bangun.

Sebanyak 41 peserta ditempatkan ke dalam kelompok posisi kanan, dan 22 kelompok posisi kiri.

Berdasarkan wawancara ini, mereka menggunakan hasil dari kuesioner 63 peserta Index Kualitas Tidur Pittsburgh, yang merinci bagaimana peserta merasakan tidur dan mimpi mereka, serta seberapa baik mereka mengingat mimpi.

Mereka menemukan jika partisipan yang cenderung tidur di kedua posisi, maka dapat mengingat mimpi secara efektif, sedangkan partisipan pemuda dengan kecenderungan tidur di posisi kiri jauh lebih mungkin untuk memiliki mimpi lebih buruk (40,9 persen), dibandingkan dengan partisipan yang tidur di posisi kanan, memiliki 14,6 persen.

Sebanyak 27 persen partisipan lanjut usia yang miskin dengan kecendurungan tidur di posisi kiri juga melaporkan mimpi aneh dan surealis, dibandingkan dengan 19,5 persen partisipan lainnya yang cenderung tidur di posisi kanan.(*)

 

sumber : tribunnews.com

Comments

comments

yayan_sopian

seorang pribadi yang suka dengan kesederhanaan. gaya hidup yang simple namun uptodate. pesimis dan peduli lingkungan hidup, sangat gemar dengan seni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *