Stiker LGBT, Kominfo Bakal Panggil Facebook, WhatsApp & LINE

Netizen Indonesia sempat dihebohkan dengan stiker-stiker LINE yang menunjukkan kemesraan pasangan sesama jenis. Tak hanya LINE, Kementerian Infomasi dan Komunikasi (Kominfo) berniat untuk mengundang perwakilan OTT termasuk Facebook dan WhatsApp terkait masalah ini.

“Facebook juga wajib menghormati norma-norma agama budaya dan adat di Indonesia terkait hal-hal seperti itu dengan memfilter stiker-stiker LGBT seperti yang dilakukan oleh LINE. Kominfo akan mengundang para perwakilan OTT yang beroperasi di Indonesia untuk membahas masalah tersebut dalam waktu dekat,” demikian ucap Ismail Cawidu, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo, Kamis (11/2/2016).

“Kalau terkait stiker LGBT di Facebook dan OTT lainnya, tahap ini kita minta agar segera mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh LINE dengan memfilter agar hal tidak dapat diakses di Indonesia. Apabila tidak dilakukan akan kita bawa ke panel pengelolaan konten. Ini berlaku untuk semua OTT yang memuat konten serupa,” tambah Cawidu.

Sebelumnya, pengguna LINE bisa menemukan stiker tersebut dengan mengetikkan kata ‘gay’ misalnya pada kolom pencarian Sticker Shop. Maka akan muncul hasil pencarian di bagian Creators, yang menunjukkan sticker-sticker bertemakan gay.

Sementara itu di WhatsApp, simbol gay atau lesbian melalui emoticon terpampang dengan jelas. Facebook di sisi lain telah meluncurkan stiker LGBT sejak 2014.

SUMBER : OKEZONE

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *