SOFTWARE BUAT STREAMING (OBS) COCOK BUAT KALIAN YANG INGIN JADI STREAMER

BY : REYNALDI BAGUS FERDIANSYAH
TI CDM 18 P

 

Assalamualaikum wr.wb Hai sahabat global perkenalkan nama saya reynaldi bagus ferdiansyah dari TI CDM 18 P kali ini saya akan menjelaskan Aplikasi Open Broadcaster Studio (OBS).

SEJARAH OPEN BROADCASTER STUDIO

Open Broadcaster Software dimulai sebagai proyek kecil yang dibuat oleh Hugh “Jim” Bailey, tetapi dengan cepat tumbuh dengan bantuan banyak kolaborator online yang bekerja baik untuk meningkatkan OBS dan menyebarkan pengetahuan tentang program. Pada tahun 2014, pengembangan dimulai pada versi yang ditulis ulang yang dikenal sebagai OBS Multiplatform (kemudian diubah namanya menjadi OBS Studio) untuk dukungan multiplatform, serangkaian fitur yang lebih menyeluruh, dan API yang lebih kuat. Mulai v18.0.1 dari OBS Studio, OBS Classic tidak lagi didukung karena mantan fitur hampir mendekati fitur lengkap dengan yang terakhir, meskipun unduhan untuk Classic masih tersedia.

PENGERTIAN OPEN BROADCASTER STUDIO

OBS adalah perangkat lunak gratis dan sumber terbuka untuk perekaman dan streaming langsung. Ditulis dalam C dan C ++, OBS menyediakan pengambilan sumber dan perangkat secara real-time, komposisi adegan, penyandian, perekaman, dan penyiaran. Transmisi data terutama dilakukan melalui Protokol Waktu Nyata (RTMP) dan dapat dikirim ke setiap tujuan pendukung RTMP, termasuk banyak preset untuk situs web streaming seperti YouTube, Twitch.tv, Instagram dan Facebook.

PENGGUNAAN OPEN BROADCASTER STUDIO

Antarmuka pengguna utama disusun menjadi lima bagian: adegan, sumber, mixer audio, transisi, dan kontrol. Adegan adalah kelompok sumber seperti video dan teks yang direkam langsung dan direkam. Panel mixer memungkinkan pengguna mematikan audio, dan menyesuaikan volume melalui fader virtual, dan menerapkan efek dengan menekan cogwheel di sebelah tombol mute. Panel kontrol memiliki opsi untuk memulai / menghentikan aliran atau merekam, tombol untuk mengubah OBS ke Mode Studio yang lebih profesional (lihat di bawah), tombol untuk membuka menu pengaturan dan tombol untuk keluar dari program. Bagian atas memiliki preview video langsung, digunakan untuk memantau dan mengedit adegan saat ini. Antarmuka pengguna dapat dialihkan ke tema gelap atau terang tergantung pada apa yang disukai pengguna.

Ketika dalam mode studio, ada 2 jendela pratinjau adegan, yang tersisa untuk memodifikasi dan melihat pratinjau adegan non-aktif, sementara jendela kanan adalah untuk pratinjau adegan aktif. di tengah ada tombol transisi sekunder, memungkinkan untuk transisi ke adegan nonaktif di jendela kiri.

 

Mungkin itu saja yang dapat saya katakan bila masih ada kesalahan mohon di maafkan
Sekian Assalamualaikum wr.rb

 

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *