software Artikel apk. Google Maps

Ahmad Bilal Ramadhan (1218100052)

SI / BI 18 Reguler

Gambar Google Map

Apa Itu Google Maps?

 Saya akan Membagikan info tentang – Pengertian Google Maps Serta Fungsinya – menurut artikel yang di kutip dari wikipedia Google Maps adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (versi beta), atau angkutan umum.

Google Maps dimulai sebagai program desktop C++, dirancang oleh Lars dan Jens Eilstrup Rasmussen pada Where 2 Technologies. Pada Oktober 2004, perusahaan ini diakuisisi oleh Google, yang diubah menjadi sebuah aplikasi web. Setelah akuisisi tambahan dari perusahaan visualisasi data geospasial dan analisis lalu lintas, Google Maps diluncurkan pada Februari 2005. Layanan ini menggunakan Javascript, XML, dan AJAX. Google Maps menawarkan API yang memungkinkan peta untuk dimasukkan pada situs web pihak ketiga, dan menawarkan penunjuk lokasi untuk bisnis perkotaan dan organisasi lainnya di berbagai negara di seluruh dunia. Google Map Maker memungkinkan pengguna untuk bersama-sama mengembangkan dan memperbarui pemetaan layanan di seluruh dunia.

Tampilan satelit Google Maps adalah “top-down”. Sebagian besar citra resolusi tinggi dari kota adalah foto udara yang diambil dari pesawat pada ketinggian 800 sampai 1.500 kaki (240–460 meter), sementara sebagian besar citra lainnya adalah dari satelit. Sebagian besar citra satelit yang tersedia adalah tidak lebih dari tiga berusia tahun dan diperbarui secara teratur. Google Maps menggunakan varian dekat dari proyeksi Mercator, dan karena itu Google Maps tidak dapat secara akurat menunjukkan daerah di sekitar kutub.

Google Maps untuk seluler dirilis pada bulan September 2008. Pada Agustus 2013, Google Maps bertekad untuk menjadi aplikasi yang paling populer di dunia untuk ponsel cerdas, dengan lebih dari 54% dari pemilik ponsel cerdas di seluruh dunia menggunakannya setidaknya sekali 

Fungsi Google Maps

  1. Mempercepat pencarian sebuah lokasi dalam waktu nan singkat. Karena dengan tekhnologi digital sistem pencarian akan berlangsung dengan cepat. Dengan layanan ini, seseorang bisa menemukan loka nan ia maksudkan. Sangat mudah sekali, bahkan buat loka nan terkategori sebagai loka terpencil pun masih bisa diakses.
  2. Membantu seseorang nan sedang bepergian buat mencari jalan nan cepat pada lokasi nan hendak ditujunya. Hal ini ialah hal lain nan menjadi kelebihan dari adanya layanan ini. Banyak sekali paraorang nan mau bepergian nan tidak mengerti dengan jelas arah jalan nan akan mengantarkannya ke loka tujuan nan dimaksudkan. Banyak dari mereka nan tersesat sebab tak tahu jalan. Bertanya pada setiap orang nan ditemui di jalan pun bukan menjadi solusi nan mudah buat dilakukan. Maka dari itu, layanan ini membantu orang dengan tipe seperti ini. Sebelum bepergian, mereka cukup buat mengakses situs ini, mengetik alamata atau nama loka nan akan dituju. Dan dalam hitungan detik, layanan ini akan memberi tahu dimana lokasi loka nan dituju serta penempatannya dari tempat-tempat nan lain nan ada di sekitanya. Jadi, layanan ini akan menunjukkan jalan mana saja nan harus ditempuh agar sampai ke loka tujuan. Sehingga tentunya tidak akan tersesat lagi. Dan bertanya pada orang nan ditemui di jalan hanya pada saat nan urgent saja. Tentunya akan lebih teroptimalkan lagi.
  3. Mempermudah sistem penyimpanan peta. Karena , dengan teknologi digital menjadikan kita tak perlu ruang nan spesifik buat menyimpan sebuah peta. Sebab, dalam perangkat lunak ini data disimpan dalam bentuk digital. Bagi orang nan selalu bergelut dengan duani digital, tentu layanan peta digital ini sangatlah membantu. Seseorang tidak harus repot membawa sebuah peta nan lengkap dan tentunya tidak berukuran kecil buat menentukan tenpat nan dimaksudkan. dengan layanan ini, cukup dengan mengakses situs penyedianya, maka layanan peta digital ini sudah bisa tersedia dan membantu kerja dari pencarinya.
  4. Dapat diakses dari mana saja. Dengan tekhnologi internet, menjadikan kita dapat mengakses peta tersebut dari berbagai loka nan memiliki fasilitas internet. hal ini ialah kemudahan lain nan ada di dalam layanan ini. Tak terbatas oleh waktu selama ara penggunanya terhubung dalam layanan internet, mereka tetap bisa buat mengakses layanan ini. Juga tidak terbatas oleh waktu, kapan pun tetap bisa mengaksesnya.
  5. Mengetahui loka tempat baru nan mungkin belum kita ketahui sebelumnya. Hal ini tentu sangat membantu ketika kita akan menuju ke loka tersebut. sebelum melakukan perjalanan kita sudah mendapatkan bekal nan cukup tentang arah jalan nan akan ditempuh buat sampai kepada loka tersebut. Terkadang memang sulit bagi seseorang buat menuju loka nan belum pernah ia ketahui atau datangi sebelumnya. Mungkin pada jaman terdahulu, seseorang meminta kepada orang nan lebih tahu atau sudah pernah mengunjungi loka tersebut buat membuatkan peta atau rute buat menuju ke loka tersebut. Layaknya rute itulah nan ada di dalam layanan ini. Terdapat jalan atau rute nan akan menghantar para pencarinya menuju loka nan dimaksudkan.
  6. Adanya pembaharuan data nan lebih cepat daripada menggunakan peta konvensional. Pembaharuan nan ada di dalam layanan ini tentunya dilakukan dengan sangat cepat, lebih cepat dibandingkan dengan peta konvensional nan ada.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.