SOFTWARE APLIKASI WHATSAPP

By; Derisman Wau SI-BI 18 M

Baik teman teman semua,pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang software aplikasi. Tetapi saya hanya akan membahas salah satu dari program aplikasi yang saat ini menjadi media informasi yang sering digunakan yaitu whatsapp. Mungkin tidak asing lagi ya teman teman, tetapi tidak ada salahnyakan kita bahas lagi tentang software yang satu ini? Baik langsung saja saya akan membahas tentang apa itu whatsapp, bagaimana sejarah munculnya dan bagaimana penggunaan serta kelebihan dari penggunaan whatsApp. Seperti apa  pembahasannya,berikut artikelnya…..

Apa itu whatsApp?

whatsApp adalah aplikasi pesan untuk smartphone dengan basic mirip blackbery massenger WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain.Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Sejarah perkembangan whatsApp

Awalnya, WhatsApp dibuat untuk pengguna iPhone, kemudian seiring dengan perkembangannya, aplikasi WhatsApp tersedia juga untuk versi BlackBerry, Android, Windows Phone dan Symbian.

Sampai pada tahun 2010, WhatsApp menduduki posisi peringkat ke 3, aplikasi paling laris yang diunduh melalui nokia Ovi Store, setelah Swype dan NHL game center premium.

Penggunaan whatsApp

WhatsApp dapat digunakan untuk pengguna iPhone, BlackBerry, serta Symbian (Nokia). Aplikasi WhatsApp hanya dapat bekerja untuk sesama pengguna yang memiliki aplikasiWhatsApp. ini menggunakan nomor telepon ponsel yang kita gunakan untuk berinteraksi dengan sesama pengguna WhatsApp. Aplikasi ini memungkinkan pengguna BlackBerry, iPhone, dan Symbian untuk dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi ini menggunakan fitur push sehingga Anda dapat selalu memberitahukan pesan yang sedang diterima.

Kelebihan penggunaan whatsApp

1.Tidak hanya teks

WhatsApp memiliki fitur untuk mengirim gambar, video, suara, dan lokasi GPS via hardware GPS atau Gmaps. Media tersebut langsung dapat ditampilkan dan bukan berupa link.

2. Terintegrasi ke dalam sistem

WhatsApp, layaknya sms, tidak perlu membuka aplikasiuntuk menerima sebuah pesan. Notifikasi pesan masuk ketika handphone sedang off akan tetap disampaikan jika handphonesudah on.

3. Status Pesan

– Jam Merah untuk proses loading di HP    kita

– Tanda Centang jika pesan terkirim ke       jaringan

– Tanda centang ganda jika pesan                sudah terkirim ke teman chat.

– Silang merah jika pesan gagal

4. Broadcats dan Group chat

Broadcast untuk kirim pesan ke banyak pengguna. Group chat untuk mengirim pesan ke anggota sesama komunitas.

5. Hemat Bandwidth

Karena terintegrasi dengan sistem, maka tidak perlu login dan loading contact/avatar, sehingga transaksi data makin irit. Aplikasi dapat dimatikan, dan hanya aktif jika ada pesan masuk, sehingga bisa menghemat baterai.

6. Hapus Pesan Ke Semua Orang

Fitur baru ini mirip dengan fitur “Tarik Pesan“-nya BlackBerry Messenger (BBM) yang telah lebih dulu dirilis. Fitur ini memungkinkan kita menghapus atau menarik kembali pesan yang telah terkirim. Awalnya fitur ini hanya tersedia untuk pengguna beta, hingga kemudian dirilis ke publik.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *