Software Aplikasi “Instagram”

Apa itu Instagram,  Fitur dan Cara Penggunaannya? 

Created by Fitri Nurmalasari ( CA 18 Reg)

 

Buat kalian yang terbiasa dengan dunia maya atau sosial media pastinya tidak asing dengan yang namanya “Instagram” iyakan teman?? Kali ini saya ingin menjelaskan tentang apa itu instagram, fiturnya apa aja dan cara penggunaan instagramnya seperti apa.  Yuk simakk!

Apa sih Instagram itu??

Instagram adalah aplikasi software mobile yang berbasis IOS, Adroid, atau Windows phone yang dimana pengguna dapat membidik/mengambil, mengedit, dan memposting gambar/foto atau video ke halaman instagram atau jejaring sosial yang lainnya.

Foto atau video yang teman-teman bagikan akan ada di feed/beranda followers anda untuk dijangkau. Oh iya, untuk sistem pertemanan di instagram itu ada following dan followers.

Dimana following yaitu kita yang mengikuti pengguna lain dan Followers yaitu pengguna lain yang mengikuti kita atau teman-teman semua. Selanjutnya untuk interaksi pengguna lain dapat berkomentar, memberikan respon suka terhadap foto atau video yang teman-teman bagikan atau sebaliknya, selanjutnya ada directmessage mungkin yang teman-teman kenal dengan istilah “DM”.

Ada apa aja ya Fitur-fitur Instagram itu??

1. Kamera

Yang dimana pengguna instagram tidak hanya bisa mengunggah foto dari galeri. Tetapi dapat juga langsung membidik atau merekam momen dari dalam aplikasi kemudian mengedit, memberi caption baru membagikannya. Woww keren kan, sahabat global?

2. Editor

Di sini sabahat global, akan dijumpai 10 tool editor tingkat lanjut untuk mengatur kembali pencahayaan, kontras dan saturasi semudah menggerakkan jemari tangan.

Di update terbaru Instagram tidak lagi mengharuskan foto berwujud kotak, tapi sudah mendukung pilihan portrait dan juga landscape. Memberikan keleluasaan kepada pengguna saat ingin membagikan foto dengan sudut tangkapan lensa yang lebih lebar. Makin asyik aja nih edit-edit fotonya hehe

3. Tag dan hastag

Sebagaimana jejaring sosial pada umumnya, Instagram juga punya fitur tag dan hashtag yang fungsinya untuk menandai teman atau mengelompokkan foto dalam satu label. Gunanya agar pengguna lain dapat menemukan foto yang dicari dengan mudah dengan menggunakan kata kunci. Contoh: #danauindah#pemandanganbagus#alamhijau

4. Caption

Caption berfungsi layaknya deskripsi, di sinilah pengguna bisa memberikan sepatah dua patah kata soal foto yang diunggah. Di samping tentunya menambahkan hashtag. 

5. Integrasi ke jejaring sosial

Instagram juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto atau video ke jejaring sosial lain seperti Facebook, Twitter, Tumblr dan Flicrk. Bila tool ini diaktifkan maka setiap kali foto dibagikan, secara otomatis Instagram juga akan membagikannya ke jejaring sosial yang sudah terhubung. Wow makin up to det aja nih buat sahabat global 😁😁😁

Cara Penggunaan Instagram

Pertama-tama kamu download aplikasi “Instagram” jika sudah, langsung buka aplikasi tersebut. Daftarkan akun terlebih dahulu pakai email yang valid atau jika ingin yang lebih mudah Anda bisa login menggunakan akun Facebook. Klik Login with Facebook, kemudian saat muncul jendela popupsilahkan masukkan email dan sandi Facebook Anda.

Saat berhasil masuk, lengkapi dahulu profil Anda. Tap menu paling kanan, lalu tap Edit your profil dan lengkapi informasi diri Anda di sana.

Berikutnya carilah teman baru, tap saja menu ber-ikon kaca pembesar(search) kemudian ketikkan nama pengguna yang ingin Anda temukan.

Klik profil pengguna yang ingin dijadikan teman, kemudian tap Follow untuk menjadi follower-nya.

Dan jika sudah siap untuk mem-posting foto pertama, tap ikon kamera yang terletak di bagian tengah menu lalu pilih salah satu dari tiga pilihan. Gallery, photo atau video. Selanjutnya silahkan dicoba sendiri ya.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan untuk sahabat global semua. Semoga bermanfaat😁

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.