Samsung Ideaction: Mengajak Generasi Muda Indonesia Berinovasi

Liputan6.com, Jakarta Di era digital dan teknologi saat ini yang semakin hari semakin berkembang pesat dan sudah semakin banyak pula generasi muda saat ini yang senang melakukan juga mencoba hal baru. Pernah kita dengar temuan atau suatu buatan alat dan teknologi dari anak bangsa dan mungkin masih banyak generasi muda yang memiliki talenta tersebut khususnya pada bidang teknologi yang masih bingung ingin disalurkan kemana ide-ide segar tersebut.

Hal tersebut membuat Samsung Electronics Indonesia ingin mendukung pengembangan dan pemberdayaan talenta muda sebagai penerus masa depan bangsa melalui sebuah inovasi teknologi. Melalui Samsung Ideaction, sebuah kegiatan kompetisi di bidang teknologi untuk mahasiswa Indonesia, Samsung Electronics Indonesia berharap dapat membuka peluang terwujudnya ide-ide kreatif yang dapat membantu memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat saat ini melalui teknologi.

Banyaknya inovasi teknologi yang telah dihasilkan selama puluhan tahun oleh Samsung Electronics, khususnya melalui Samsung Mobile, membuat Samsung Electronics Indonesia ingin memberikan inspirasi dan edukasi sekaligus mendukung generasi muda untuk percaya diri dalam melakukan terobosan berbasis teknologi.

Samsung Electronics Indonesia secara serius menggandeng generasi muda yang memiliki minat pada teknologi, untuk menciptakan perubahan yang lebih baik bagi masa depan bangsa Indonesia, terlebih dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN dan persaingan global.

Berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik, generasi ini akan menguasai 50%-60% populasi masyarakat Indonesia dengan menjadi populasi usia produktif terbesar dalam 5 tahun mendatang. Teknologi seperti smartphone pun sudah menjadi bagian dari hidup mereka. Hal tersebut dibuktikan dari hasil riset Crowd DNA di bawah pengawasan Facebook yang menyatakan bahwa untuk berinteraksi dengan teman-teman saja, 90% dari mereka memilih untuk melakukannya melalui teknologi. 73% dari generasi ini juga memiliki ketertarikan pada teknologi dan sebanyak 72% merasa perlu tahu perkembangan terkini mengenai teknologi. Menyasar ide-ide kreatif anak muda atau generasi millenial Indonesia, Samsung Electronics Indonesia sadar akan perlunya mendukung dan melibatkan mereka dalam revolusi digital yang sedang berlangsung.

“Samsung Electronics percaya kemudahan hidup dapat ditunjang dengan teknologi, maka inovasi yang terus menerus dilakukan adalah hal yang penting. Kami melihat minat anak muda terhadap teknologi harus diberikan wadah yang layak dan dukungan dari semua pihak, termasuk korporasi, agar memberi dampak yang luas bagi masyarakat. Samsung IdeAction akan mendorong lebih banyak anak muda untuk menghasilkan ide kreatif mereka di bidang teknologi dan kami akan membantu mereka untuk mewujudkannya dengan menggabungkan ide dengan aksi,” tutur Vebbyna Kaunang, Marketing Director IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia.

Dalam aktivitas ini, Samsung Electronics Indonesia akan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa-mahasiswa dari 12 universitas terkemuka di Indonesia untuk menyampaikan ide-ide kreatif mereka. Dari puluhan ide yang terpilih, peserta akan dibekali dengan coaching dan mentoring.

Samsung akan memilih tujuh finalis terbaik yang kemudian akan dipilih tiga pemenang. Juara pertama akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Edu Trip ke Korea Selatan. Edu Trip ini mengajak pemenang mengunjungi Samsung Innovation Museum hingga bertemu dengan para R&D Samsung dan pihak-pihak lain yang berperan dalam Inovasi teknologi Samsung. Hal ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi bagaimana Samsung Electronics melakukan inovasi dari tahun ke tahun dan juga dampak positif yang dihasilkan oleh industri teknologi dapat merubah nasib suatu bangsa. Selain itu juga akan mendapatkan biaya pendidikan sebesar Rp 100.000.000,- (seratus juta rupiah), dan juga dukungan fasilitas bagi Universitas pemenang senilai Rp.100.000.000,-(seratus juta rupiah).

Samsung mempercayakan tiga panel juri untuk mencari pemenang Samsung IdeAction, yaitu Ir. Abdul Hapid selaku Peneliti Tenaga Listrik dan Mekatronika LIPI, Yoris Sebastian, pemasar kreatif dari OMG Creative Consulting dan Rama Mamuaya dari Daily Social. Dan tentunya juga sebagai pihak penyelenggara Samsung akan hadir juga dalam panel juri yaitu Vebbyna Kaunang, Marketing Director IT & Mobile dan Alfred Boediman, Vice President Samsung R&D Institute Indonesia.

Ayo jadi generasi muda yang bisa membanggakan! Cari tahu info lengkapnya di sini!

sumber : liputan6.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *