Ranking Jurnal Internasional di Scimago

Salam. Saat ini tuntutan bagi mahasiswa dan dosen di perguruan tinggi seluruh dunia adalah meningkatkan penelitian. Penelitian bagi perguruan tinggi merupakan salah satu elemen penting dan terdapat dalam tridharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Salah satu bentuk output penelitian adalah adanya jurnal, dan jurnal internasional terindeks scopus merupakan jurnal yang memiliki nilai tertinggi saat ini. Kali ini saya akan sharing mengenai website SCIMAGO yang memungkinkan kita untuk melihat jurnal apa saja yang memiliki peringkat terbaik saat ini, dan negara mana yang memiliki publikasi penelitian terbanyak. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Silakan anda buka alamat berikut ini http://www.scimagojr.com/. Tampilannya adalah sebagai berikut.muhammad iqbal hanafri scimago 1
  2. Silakan anda klik “Journal Rankings”, disana akan terdapat beberapa pilihan antara lain Subject Area (Ranking jurnal berdasarkan subjek/bidang penelitian), Subject Category (Rangking jurnal berdasarkan kategori jurnal), Region/Country (Rangking jurnal berdasarkan wilayah atau negara), kemudian ada Year (Menunjukkan tahun berapa jurnal tersebut di publish). Berikut adalah tampilannya.muhammad iqbal hanafri scimago 2Apabila kita ingin melihat rangking jurnal di Indonesia kita bisa pilih Region/Country lalu klik “refresh”.muhammad iqbal hanafri scimago 3Ternyata saat ini Indonesia hanya memiliki 16 jurnal yang terindeks scopus. Coba kita compare dengan negara tetangga kita seperti Malaysia dan Singapura.muhammad iqbal hanafri scimago 4muhammad iqbal hanafri scimago 5Ternyata Malaysia saat ini memiliki jurnal internasional terindeks scopus sebanyak 79 jurnal, sedangkan Singapura lebih banyak lagi yaitu 108 jurnal. Ini merupakan cambukan bagi akademisi di Indonesia untuk terus berkarya dan meningkatkan jumlah penelitiannya dan di publish melalui jurnal-jurnal internasional yang terindeks scopus.
  3. Kemudian bisa juga untuk mencari jurnal-jurnal berdasarkan judul jurnal, silakan anda klik button “Journal Search”. Berikut contohnya : muhammad iqbal hanafri scimago 6
  4. “Country Rangkings” untuk mengetahui peringkat jurnal berdasarkan negara-negara di seluruh dunia. muhammad iqbal hanafri scimago 7Ternyata negara Indonesia masih berada di peringkat 57 untuk jurnal internasional. Kita semua berharap generasi penerus bangsa Indonesia semakin baik ke depannya, dimana level pendidikan dan pemerataan pendidikan terus ditingkatkan. Demikian informasi yang bisa saya sharing, selamat bekerja dan berkarya. Wassalam.

By Muhammad IQbaL Hanafri [https://miqbalhanafri.wordpress.com]

STMIK Bina Sarana Global

Comments

comments

Muhammad Iqbal Hanafri

I just a simple person who want to learn many things. I used my time to improve skills and also make it used to my environtment. If you want to share with me, I am opened. You can email me at miqbalhanafri@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *