Rahasia Menjaga Berat Badan agar Tidak Naik Turun

Baru turun dua kilogram, sebulan kemudian sudah naik lagi. Rebound atau berat badan naik turun ini umum terjadi pada kita.

Apa yang salah dengan kondisi ini? Mungkin Mama perlu mengubah beberapa hal dalam diet sebagai cara agar berat badan tidak naik turun. Berikut rahasianya!

1.Jangan merasa tertekan

Banyak orang yang merasa tertekan dan menderita ketika menurunkan berat badan. Padahal diet yang kita jalani harus bebas rasa bersalah.

Artinya, sering kita sangat merasa bersalah ketika sehabis makan sehingga kadang malah jadi makan berlebihan. Singkirkan perasaan negatif dan fokus pada hal-hal positif. Tak usah merasa bersalah ketika melanggar diet.

2.Diet perlu dikontrol tapi tidak perlu sangat ketat

 Jika ingin benar-benar diet ketat, bersiap-siaplah memiliki efek samping seperti jadi mudah cemas, stres, sedih, gelisah dan kehilangan konsentrasi.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh pola diet yang dilakukan tidak sesuai dengan kemampuan tubuh. Maka, cara yang terbaik adalah berkonsultasi dengan ahli gizi jika ingin diet ketat.

Jangan sekali-sekali mengikuti pola diet orang lain karena belum tentu sesuai dengan kondisi tubuh kita.

3. Tentukan tujuan yang realistis

Hal pertama yang perlu disadari adalah menurunkan berat badan secara drastis tentu membutuhkan usaha yang besar.

Selain itu, perubahan pola makan yang tiba-tiba dapat menyebabkan masalah pada tubuh. Jadi, sebaiknya perubahan pola makan dilakukan secara perlahan dan bertahap.

Lebih baik mengambil langkah kecil tapi konsisten agar kita tetap sehat dan penurunan berat badan berlangsung stabil.

4.Mendata progres

Selama berdiet, catatlah progres penyusutan lingkar pinggang dan penurunan berat badan kita.

Biarpun berat badan belum turun, jika lingkar pinggang sudah menunjukkan penyusutan, itu artinya pola makan yang sedang dijalankan sudah memberikan hasil.

Perasaan berhasil ini sangat perlu sebagai dukungan positif pada pikiran dan tubuh. Kemajuan yang lambat namun pasti adalah cara ideal untuk menurunkan berat badan tanpa perlu banyak tekanan dan penderitaan.

Dengan target yang realistis, diet kita akan jauh dari perasaan terbebani dan bertahan lama.

5.Olahraga!

Tentu saja diet sehat sangat membutukan olahraga. Olahraga dapat membantu meningkatkan massa otot dan mengencangkan tubuh, tetapi hindari berolahraga secara ekstrem.

Agar berat badan tidak naik turun, cobalah melakukan olahraga sederhana yang benar-benar disukai misalnya senam aerobik, yoga, jalan kaki, dan berenang.

Aktivitas fisik akan membantu menurunkan berat badan lebih cepat dan mengurangi risiko penyakit jika dilakukan teratur dalam porsi yang pas, serta didukung dengan asupan kalori yang terukur.

Sumber: tribunnews.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *