Poto Tano, Pintu Masuk Sumbawa yang Cantik

detikTravel Community –  

Selain melalui udara, mendatangi Sumbawa juga bisa dengan jalur laut. Sesampainya, akan disambut dengan Pelabuhan Poto Tano yang cantik.

Biasanya kebanyakan orang agak malas dan segan untuk pergi atau sekadar berkunjung ke pelabuhan dengan alasan, kumuh, jorok dan terlalu banyak polusi yang di timbulkan oleh kendaraan kendaraan berat yang melakukan aktifitas bongkar muat di sekitar pelabuhan. Ini tidak berlaku di wilayah pelabuhan Poto Tano Sumbawa. Tampak berbeda dengan pelabuhan pelabuhan yang ada.

Perjalanan saya dari Lombok menggunakan kapal penyebrangan PELNI ke Sumbawa ditempuh selama 3 jam. Dari jauh sebelum kapal menepi ke pelabuhan sudah terlihat gugusan bukit bukit yang indah dan pantai yang bersih sedap dipandang mata.

Sayapun mempersiapkan senjata, merogoh kantong celana keluarkan smrtphone dan siap untuk melakukan selfie. Tidak lama kemudian kapal bersandar dan waduh, bening sekali air di sekitar pelabuhannya.

Ikanpun terlihat dengan jelas di sisi sisi kapal. Ingin langsung nyebur ke laut rasanya. Nggak ada polusi udara maupun polusi air di sekitar pelabuhan. Udara bersih, langit bersih, air laut bersih. Betah nih berlama lama di pelabuhan!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *