Philipp Lahm akan Pensiun pada Akhir Musim

Lahm mengumumkan keputusannya setelah laga DFB Pokal kontra VfL Wolfsburg, Selasa (7/2/2017). Partai tersebut adalah yang ke-501 bagi sang kapten bersama Muenchen.

Sebelumnya, Lahm sudah pensiun membela timnas Jerman. Ia menyatakan gantung sepatu dari pentas internasional setelah membawa Tim Panser jadi kampiun Piala Dunia 2014.

“Saya bisa melanjutkan gaya kepemimpinan dan memberikan yang terbaik dalam setiap latihan hingga akhir musim. Saya bisa lanjut, tetapi tidak setelahnya,” kata Lahm dikutip BBC.

Sebenarnya kontrak Lahm bersama Muenchen masih berlaku sampai 2018. Akan tetapi, pemain berusia 33 tahun itu memilih mundur lebih cepat.

“Saya sudah memikirkan (pensiun) selama lebih dari satu tahun terakhir,” kata Lahm.

Lahm merupakan jebolan akademi Muenchen. Partai penyisihan grup Liga Champions melawan RC Lens, 13 November 2002, menjadi debut pria berpostur 170cm itu bersama tim senior.

Beragam prestasi pun berhasil disumbang Lahm untuk Muenchen. Total 19 gelar ia raih bareng klub, termasuk Liga Champions 2012-2013.

Bersama Jerman, pencapaian tertinggi Lahm adalah gelar juara Piala Dunia.

Satu hal yang spesial dari perjalanan karier Lahm di klub maupun timnas. Meski bertugas menjegal pemain lawan, ia belum pernah diganjar kartu merah.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *