Pesona Pendakian Gunung Prau

Gunung Prau masuk dalam Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Gunung Prahu, begitu nama yang juga lazim disebut, berada pada ketinggian 2.565 mdpl. Merupakan irisan dari tiga kabupaten yaitu: Kab. Wonosobo, Kab. Kendal dan Kab. Batang Jawa Tengah.

Puncak Gunung Prau yang relatif singkat dan mudah didaki oleh setiap pendaki terutama pendaki pemula sehingga Gunung Prau ramai dikunjungi. Setiap weekend tiba berbondong-bondong masyarakat banyak mendatangi Gunung yang dikenal memiliki suhu dingin yang menusuk tulang serta memiliki tempat terbaik untuk menyaksikan Sunrise/Matahari Terbit.

Jalur Pendakian Gunung Prau

Titik pendakian gunung Prau dimulai pada ketinggian 1700mdpl melewati jalur Patak Banteng. Jalur Patak Banteng ini jalur favorit para pendaki. Masih ada jalur pendakian lain ke puncak Gunung Prau yaitu jalur Kenjuran, Kendal dan melewati jalur Pranten, kab. Batang. Trek pendakian jalur Patak Banteng ini relatif landai dengan suguhan hamparan pemandangan yang menawan dan indah. Pendakian ini hanya ditempuh dalam waktu sekitar 3-4jam dari bawah. Dari kejauhan pendaki dapat menikmati pesona Dataran tinggi Dieng dan juga Telaga Warna sebagai hiburan sepanjang perjalanan.

mendaki Gunung PrauKarena rutenya yang pendek dan relatif mudah beberapa pendaki ada yang suka mendaki pada malam hari. Ketika pagi mereka akan langsung dihadiahi terbitnya Sang Surya dari peraduannya. Saat siang menjelang mereka akan turun kembali ke bawah. Namun tidak sedikit yang memutuskan untuk kemping mendirikan tenda dan menginap di puncaknya, untuk sekedar menikmati dinginnya udara gunung.

Transportasi Ke Gunung Prau

Untuk menuju Gunung Prau yang terletak pada koordinat 7°11′13″LU 109°55′22″BT ini, kamu dapat menggunakan mobil/kendaraan pribadi menuju Dataran Tinggi Dieng, dengan mengikuti petunjuk arah yang terpampang jelas di jalan. Sebelum sampai Dieng, kamu dapat berhenti di desa Patak Banteng menuju pos pendakian Gunung Prau. Ditempat itu tersedia tempat parkir untuk sepeda motor dan mobil.

Namun kamu dapat pula menggunakan transportasi umum. Kamu dapat memulainya dengan menuju terminal Wonosobo menggunakan bus. Sampai di terminal Wonosobo kamu dapat berganti angutan menggunakan bus kecil tujuan dataran tinggi Dieng. Berhentilah di desa patak banteng untuk memperoleh ijin pendakian disana.

Tiket Pendakian Gunung Prau

Harga tiket untuk mendaki Gunung Prau Rp.10 ribu/orang. Disamping mendapat tiket, kamu akan dibekali peta sederhana jalur pendakian, dan peraturan-peraturan yang berlaku serta keterangan denda untuk beragam pelanggaran. Taati peraturan yang berlaku disana serta jangan hilangkan tiket pendakianmu, karena di beberapa pos ada petugas yang akan memeriksa tiket perijinanmu.

Peralatan yang mesti disiapkan ke Gunung Prau

Bagi kamu pendaki pemula kamu bisa membaca Tips untuk Pendaki pemula sertaManajemen Pendakian sebelum mendaki. Karena Gunung Prau terkenal dengan suhunya yang dingin bawalah peralatan standart pendakian, misalnya: Sleeping Bag, Matras, Tenda,Makanan untuk bekal mendaki, jaket (wind proof), kaos tangan, kaos kaki, kupluk(balaclava) dan perlengkapan lainnya.

Dengan membawa perlengkapan yang standart pendakian akan mengurangi resiko penyakit gunung yang mungkin akan menyerang pendaki. Dengan begitu pendakianmu akan aman dan lancar. Jangan pula sepelekan jalur yang landai ini, selalu waspada karena setiap pendakian memiliki resiko dan bahaya yang mungkin mengintaimu sewaktu-waktu.

Sumber : PecintaAlam.net

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *