Perbandingan Adobe Premiere Pro Dengan Sony Vegas Pro

Perbandingan Adobe Premiere Pro Dengan Sony Vegas Pro

 

Sony Vegas Pro adalah paket software editing video untuk non-linear editing (NLE) awalnya diterbitkan oleh SONIC FOUNDRY, sekarang dimiliki dan dijalankan oleh SONY CREATIVE SOFTWARE awalnya dikembangkan menjadi sebuah NLE untuk video dan audio dari versi 2.0.

Vegas tidak memerlukan perangkat keras khusus untuk berjalan dengan baik, memungkinkan untuk beroperasi di hampir semua komputer Windows standar di berbagai hardware.

Di daerah compositing dan gerak grafis Vegas menyediakan seperangkat alat yang luas termasuk gerak lagu 3D compositing dengan kontrol atas z mendalam, dan tata ruang dari pesawat visual termasuk persimpangan pesawat.

 

Adobe Premiere Pro adalah sebuah program penyunting video berbasis non-linier dari ADOBE SYSTEMS. Itu adalah salah satu produk software dari Adobe Creative Suite, tetapi juga bisa dibeli sendirian. Bahkan kalau diebeli sendirian, itu termasuk Adobe Encore dan Adobe OnLocation. Walaupun yang dua versi pertama hanya tersedia untuk Windows, versi CS3 tersedia baik untuk Windows maupun Mac OS X. CS3 tersedia dalam bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Jepang, Italia, dan Spanyol.

Adobe Premiere Pro merupakan program pengolah video pilihan bagi kalangan profesional, terutama yang suka bereksperimen. Program ini banyak digunakan oleh perusahaan Pembuatan Film/Sinetron, Broadcasting, dan Pertelevisian. Salah satunya adalah BBC dan The Tonight Show Itu sudah sering digunakan untuk film-film, seperti Dust to Glory, Captain Abu Raed, dan Superman Returns, dan untuk tempat lain seperti Confessions Tour oleh Madonna. Adobe Premiere Pro memiliki sekitar 45 efek video dan 12 efek audio, yang bisa untuk mengubah pola tampilan dan menganimasikan klip video dan audio. Beberapa efek memerlukan kartu grafis yang berkualitas tinggi. Namun dari 45 efek itu, hanya 3 efek saja yang memerlukan kartu grafis kelas tinggi (misal. AMD atau NVIDIA) agar bisa diaplikasikan pada klip video. Anda juga bisa menambahkan produk efek dari pihak ketiga yang mendukung Adobe Premiere Pro. Disamping itu, Adobe Premiere Pro juga memiliki sekitar 30 macam transisi (perpindahan antar-klip) sehingga peralihan antara klip video satu ke klip video selanjutnya lebih dinamis. Sama seperti efek, beberapa tranisi juga memerlukan kartu grafis yang berkualitas tinggi seperti AMD atau NVIDIA. Ada 5 transisi yang memerlukan kartu grafis AMD atau NVIDIA agar bisa diaplikasikan.

 

 

Nah setelah melihat sejarahnya kita lihat perbandingannya. Dari yang pertama yaitu tentang tampilannya, Tampilan adobe premiere menurust saya lebih  bagus dan modern tetapi lebih rumit, sedangkan Sony Vegas tampilannya sangat konsisten dari versi dahulu tidak banyak perubahan dan juga simple. Berikut tampilan dari kedua software.

 

Tampilan Sony Vegas

 

 

 

 

 

 

 

 

Tampilan Adobe Premiere

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah sekarang dari fitur-fiturnya. Pertama dari Adobe Premiere

1.  Adobe premiere sendiri sudah mendukung editing video berkualitas tinggi hingga resolusi 4K.

2.  Dari plugin memungkinkan untuk impor dan ekspor dari berbagai format.

 

Fitur Sony Vegas:

1.  Timeline yang simpel

2.  Adanya audio dan video fx

3.  banyak format video untuk berbagai format footage

Perbandingan dari kedua software yaitu terletak pada effectnya. jika adobe premiere tidak ada tampilan effectnya akan jadi bagaimana sedangkan sony vegas ada tampilannya.

 

 

  1. Jika ingin membuat animasi di adobe premiere Anda harus membuatnya sendiri sedangkan di sony vegas sudah disediakan animasi tinggal pilih mau yang mana.
  2. Dari segi Size sony vegas lebih ramah ke hardisk dengan ukuran 300-500mb sendangkan adobe premiere bisa sampai 2 gb.

 

Kelebihan Sony Vegas:

  1. Effect banyak dan ada previewnya.
  2. Ukuran software yang bersahabat dan ringan.
  3. Lebih mudah dimengerti.
  4. Cocok untuk kalangan pemula.

Kekurangan Sony Vegas:

  1. Review video yang sangat kecil.
  2. Tampilannya kurang menarik.

Kelebihan Adobe Premiere Pro :

  1. Tampilannya yang bagus dan modern.
  2. Dapat digunakan untuk mengedit jenis format yang berbeda.
  3. Dapat membuat effect sendiri.

Kekurangan Adobe Premier:

  1. Size software yang besar.
  2. Susah di mengerti.
  3. Membutuhkan spek komputer yang tinggi.
  4. Saat melakukan editing tidak full screen.

 

Sekian perbandingan adobe premier dan sony vegas. semoga apa yang ada diatas bisa menjadi refensi Anda dan bermaanfaat bagi semuanya. Terimakasih atas perhatiannya.

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *