Pengertian & Bahaya Nomophobia

NOMOPHOBIA adalah perasaan panik, gamang, ketakutan, fobo, atau cemas saat jauh atau tidak memegang telepon genggam, hanphone, atau smartphone. Nomophobia kependekan dari No Mobile Phone Phobia.

Bahaya penyakit nomophobia antara lain akan lebih banyak menghabiskan waktu menatap layar handphone dibandingkan dengan menatap lawan bicara dan tidak konsentrasi pada pekerjaan. Waktu 24 sehari akan habis disedot oleh “sihir” HP yang umumnya terkoneksi dengan internet.

Istilah nomophobia pertama kali teridentifikasi tahun 2008. Seiring dengan kemajuan teknologi, fenomena nomophobia semakin sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan anak muda.

Fenomena nomophobia memang tidak bisa dilepaskan dari ledakan trend media sosial yang kian menjamur –Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan media sosial lainnya.

Orang yang mengalami nomophobia biasanya terjadi karena kecanduan media sosial. Ia akan sulit fokus dalam percakapan langsung, karena konsentrasinya terbagi antara mendengarkan lawan bicara dan mengecek akun pribadinya.

Lama-kelamaan dia akan terasing dari lingkungnnya sendiri. Meskipun begitu, ada pula mereka yang tidak terlalu terpengaruh dengan gadget dan media sosial yang dimilikinya.

Sumber : kabarkito.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *