Peneliti Selidiki Kemungkinan Komet Hantam Bumi pada 2136

Para astronom sebelumnya memperkirakan bahwa komet Swift-Tuttle akan menghantam Bumi pada 2126. Dalam perhitungan terbaru, astronom menyebut bahwa komet ini hanya akan ‘melewati’ Bumi.https://i0.wp.com/img.okezone.com/content/2016/07/22/56/1444706/peneliti-selidiki-kemungkinan-komet-hantam-bumi-pada-2136-ugTnyaCJZR.jpg?w=800&ssl=1

Para astronom dari laboratorium NASA menjelaskan bahwa komet Swift-Turtle akan melewati Bumi pada 5 Agustus 2126. Komet tersebut akan melewati Bumi pada jarak 23 juta kilometer atau 60 kali jarak Bumi ke Bulan.

Sebelumnya, komet ini diprediksi akan menghantam Bumi. Prediksi itu pertama kali dilontarkan oleh Brian Marsden, Astronom dari Harvard. Dari pengamatannya, komet ini akan mencapai perihelion (orbit terdekat sebuah planet) pada 11 Juli 2126.

Setelah laporan tersebut, para peneliti percaya bahwa peristiwa tersebut akan terjadi. Jika Komet Swift-Tuttle jatuh ke Bumi, maka dampaknya diperkirakan akan lebih dahsyat dari peristiwa yang memusnahkan dinosaurus.

Selain itu, peristiwa ini juga dapat berdampak ekstrem pada iklim Bumi. Singkatnya, Bumi akan memiliki musim panas dan dingin yang panjang. Akibatnya, seluruh penghuni Bumi akan musnah karena komet ini.

Sebagai informasi, komet Swift-Tuttle adalah salah satu benda luar angkasa terbesar yang akan mendekati bumi. Komet ini mempunyai lebar sebesar 16 mil. Demikian seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (22/7/2016).

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *