Pembekuan Manusia dalam Perjalanan ke Planet Lain

Hibernasi penjelajah luar angkasa seperti di film fiksi ilmiah ‘Intersteller’ dan ‘Passengers’ tampaknya akan menjadi kenyataan. Proses hibernasi tersebut akan dibantu dengan pods tidur baru.

Dikarenakan manusia bersiap menjajah planet lain, pods tidur akan membantu perjalanan yang sangat panjang. Mars, planet yang terdekat dengan Bumi dan puncak tujuan antarplanet, akan membutuhkan enam bulan perjalanan menggunakan teknologi saat ini. Sementara Pluto bakal membutuhkan 9,5 tahun untuk mencapainya paling cepat, seperti dilaporkan Daily Mail, Senin (6/2/2017).

Dengan menurunkan suhu tubuh rata-rata (37 derajat Celsius) menjadi sekira 32 derajat Celsius, denyut jantung dan tekanan darah juga diturunkan, sehingga menginduksi keadaan tidur. Profesional medis telah menggunakan taktik untuk mengobati penderita serangan jantung dan gagal jantung, sehingga memiliki banyak waktu untuk menilai kerusakan.

Berita Rekomendasi
Peneliti Jelaskan Kehidupan Setelah Kematian
Penjelasan Reinkarnasi dalam Pandangan Sains
Para pasien biasanya tetap dalam keadaan koma sampai empat hari, tapi Spaceworks selaku perusahaan pengembang pods menggunakan metode ‘therapeutic hypothermia’ percaya bahwa hal itu bisa membuat kondisi berlangsung selama sebulan.

John A Bradford, presiden Spaceworks, mengatakan kepada Quartz, “Tujuan kami adalah untuk mendapatkan dari hari dan minggu ke bulan.”

Dalam menggambarkan pods, ia berkata, “Akan ada beberapa lengan robot dan sistem pemantauan merewat (penumpang). Mereka memiliki tabung transnasal kecil untuk pendingin dan beberapa sistem pemanasan untuk membawa mereka kembali dari statistik.”

Pihak Spacework mengatakan akan mulai menguji pods pada hewan pada awal tahun depan dengan pengujian manusia diikuti dalam luar angkasa dan International Space Station (ISS).

Okezone.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *