Osmo Coding Bisa Ajarkan Anak Membuat Program dengan Menggunakan Balok

Membuat program biasanya dikerjakan oleh orang dewasa, karena membutuhkan ketelitian dan logika yang kuat. Namun dengan berkembangnya teknologi saat ini, bahkan anak-anak bisa diajarkan cara membuat program atau yang biasa disebut coding, dengan cara yang menyenangkan tentunya.

preview-osmo-coding

Sepertinya di masa depan pelajaran membuat program akan menjadi pelajaran wajib untuk anak-anak meskipun masih di taraf sekolah dasar. Bahkan sekarang ini banyak sekolah yang menaruh minat dan mengimplementasikan hal tersebut sebagai pelajaran wajib, dan sebagai untungnya anak-anak mulai dari dini sudah mengenal coding.

Salah satu pilihan mengajarkan anak untuk membuat program adalah dengan Osmo Coding. Pada dasarnya ini mengajarkan anak untuk membangun balok-balok dan pada saat yang sama untuk membuat program juga. Ini bukan tentang pemrograman menggunakan bahasa tertentu, melainkan mengajari anak-anak konsep pemrograman, seperti algoritma dan proses pemikiran yang logis di balik pemecahan masalah menggunakan coding.

Osmo Coding mengajarkan anak-anak melalui video game, di mana pemain harus menggunakan balok untuk mengendalikan karakter mereka di layar. Balok-balok tersebut akan memungkinkan karakter mereka untuk bergerak, melompat, dan mengambil. Pada saat yang sama juga, pemain dapat menambahkan variabel seperti ankga, loop, berjalan tiga langkah, belok kanan, dan seterusnya.

Osmo Coding

Ketika mereka telah selesai membuat algoritma dan menambahkan variabel, maka hanya perlu menekan tombol run untuk menjalankan script. Ini merupakan sebuah ide yang sangat cerdas, karena dengan media video game tidak membuat anak cepat bosan dan itu cukup menyenangkan.

Meskipun saat ini banyak cara mengajarkan anak bagaimana cara membuat program, namun Osmo Coding memiliki kelebihan dari yang lain. Dan jika Anda berminat dengan satu set Osmo Coding starter kit, itu hanya dihargai sebesar $75 atau setara dengan Rp980 ribuan.

sumber : beritateknologi.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *