Nominasi Mobil Terbaik di Dunia Resmi Diumumkan

New York – The World Car Awards, program yang diprakarasi dan diselenggarakan oleh jurnalis otomotif dari seluruh dunia, telah mengumumkan 10 finalis untuk penghargaan World Car of the Year 2016.

Dilaporkan Worldcarfans, pemilihan tahun ini dilakukan oleh 73 juri, yang juga merupakan jurnalis otomotif internasional. Pabrikan dari negara-negara `kiblat` otomotif dunia bersaing meraih titel prestisius ini. Dari Jepang, pabrikan seperti Mazda dan Toyota masuk ke dalam daftar lewat model-model seperti MX-5 dan Prius. Dari Inggris, ada model seperti Jaguar XE dan Land Rover Discovery Sport.

Sementara itu, pabrikan Jerman menempatkan Audi A4 dan BMW X1 di 10 besar. Ada pula pabrikan asal Korea Selaran yang berhasil masuk nominasi, yaitu Hyundai melalui modelnya Tucson. Ada lagi Skoda asal Ceko yang turut jadi finalis.

World Car Awards juga akan memberikan penghargaan lain, salah satunya adalah World Luxury Car of the Year. Lima finalis yang masuk dalam katagori ini adalah Audi Q7, BMW Seri 7, Jaguar XF, Mercedes GLE Coupe, dan Volvo XC90.

Lima model juga akan bersaing meraih titel World Performance Car of the Year. Kelimanya adalah Audi R8, Chevrolet Camaro, Honda Civic Type R, Mercedes-AMG C63 Coupe, dan Range Rover Sport SVR.

Sementara model-model seperti BMW 330e, Chevrolet Volt, Toyota Prius, Toyota Mirai, and Volkswagen Passat GTE, akan bersaing memenangkan titel World Green Car of the Year.

Kategori terakhir yang direbutkan adalah World Car Design of the Year. Dalam hal ini model yang bersaing adalah Cadillac CT6, Mazda CX-3, Mazda MX-5, Jaguar XE, dan Land Rover Discovery Sport.

Seluruh pemenang per kategori akan diumumkan di pameran otomotif tahunan New York Auto Show yang digelar pada 24 Maret nanti.

Sumber: Liputan6

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *