Neymar Pemain Termahal Versi CIES

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — CIES Football Observatory melakukan sebuah studi mengenai pemain sepak bola termahal di Eropa. Studi tersebut, menghasilkan urutan pemain sepak bola termahal.

BBC Sport pada Senin (16/1) melaporkan, dari sepuluh pemain teratas yang dinilai, Neymar berada di urutan pertama sebagai pemain termahal di Eropa. Striker Barcelona itu bernilai sekitar 216 juta pound (Rp 3,47 triliun).

Nilai tersebut membuat Neymar lebih unggul dari rekan setimnya, Lionel Messi di Barcelona. Dalam studi tersebut, Messi justru berada di posisi kedua dengan harga sebesar 149 juta pound (Rp 2,39 triliun).

Sementara itu, Paul Pogba, yang bergabung dengan Manchester United dengan nilai 89 juta poundsterling pada musim panas, sekarang bernilai 136,4 juta pound (Rp 2,19 triliun) di posisi ketiga. Lalu posisi keempat ditempati Antoine Griezmann dengan nilai 132 juta pound (Rp 2,12 triliun) dan Luis Suarez di posisi kelima senilai 127 juta pound (Rp 2,04 triliun).

Pemain terbaik Ballon d’Or dan FIFA 2016, Cristiano Ronaldo hanya berada di posisi ketujuh senilai 111 juta pound (Rp 1,78 triliun).

Dari sepuluh pemain termahal tersebut, satu-satunya pemain Inggris yang memiiki harga di atas seratus juta pound, yaitu Harry Kane. Striker Tottenham dihargai sekitar 122 juta pound (Rp 1,96 triliun) di posisi keenam. Dele Alli ada di posisi kesembilan senilai 96 juta pound (Rp 1,54).

 Penelitian tersebut dilakukan oleh tim akademisi dari CIES Football Observatory menggunakan algoritma nilai transfer. Peneliti menghitung nilai menggunakan kriteria yang mencakup kinerja pemain dan karakteristiknya seperti usia serta panjang kontrak.
Sumber: Republika.co.id

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *