Next Door Land, Game Edukatif Hasil Kerjasama Indonesia-Australia

Acara peluncuran game tersebut bertempat di SDN 02 Menteng, Jakarta yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dan Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop. Game Next Door Land itu nantinya akan membawa pemain berpetualang secara virtual ke Indonesia maupun ke Australia.

Para pemain yang didominasi usia anak-anak akan melewati berbagai macam petualangan seru dengan berbagai macam tema. Selain itu, mereka juga dapat membaca komik animasi dan mendapatkan rangkaian informasi menarik saat memainkan game ini.

Satu hal yang membuat permainan ini lebih seru adalah, anak-anak dapat menjelajahi kota Jakarta secara virtual, berlomba mencapai puncak jembatan Sidney Harbour, belajar alat musik gamelan, berselancar di Perth, dan memasak masakan khas Indonesia. Tentu selain mendidik, permainan ini juga sangat seru.

Next door land 2

Tujuan dari game ini adalah agar anak-anak Indonesia dapat mengenali negara tetangga Australia, baik dari budaya, tempat bersejarah, dan lain-lain. Begitu pula dengan anak-anak Australia yang dapat lebih mengenal Indonesia melalui game edukatif ini. Aplikasi ini mengajarkan pemain berbagai hal seperti sejarah, musik, olahraga, arsitektur, dan mitologi kedua negara.

Selain dapat menjadi media promosi budaya antar kedua negara, game tersebut juga diharapkan dapat memperkuat hubungan antara warga Indonesia dan Australia yang sudah dijalin selama 70 tahun terakhir.

Game “Next Door Land” ini merupakan hasil kolaborasi yang terdiri dari Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia, pengembang game Agate, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Asia Education Foundation dan Australia-Indonesia Youth Association (AIYA). Game ini sudah dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store untuk iOS.

sumber : beritateknologi.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *