NASA Rayakan 16 Tahun Perjalanan Astronot di Luar Angkasa

Apa yang sedang kamu lakukan pada 2 November 2000 silam? Apakah sebagian dari kalian sedang mengemban pendidikan di perguruan tinggi? Atau mungkin beberapa dari kalian ada yang belum lahir pada saat itu?

Terlepas dari semuanya, faktanya hari tersebut adalah momen di mana para astronot untuk pertama kalinya mencetak rekor terlama tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station, ISS).

Saat itu, astronot pertama yang berhasil bertahan hidup di ruang hampa udara merupakan tim astronot asal Amerika Serikat. Mereka adalah William Shepherd, Sergei Krikalev, dan Yuri Gidzenko.

Seolah tak ingin kehilangan momen, ketiga astronot ini merekam suasana mereka saat pertama kali mencetak rekor yang mengesankan itu.

Untuk merayakan 16 tahun perjalanan para astronot di ISS, NASA pun mengunggah beberapa rekaman GIF seputar aktivitas para astronot di ISS.

Seiring waktu berjalan, memang sudah banyak tim astronot dari beberapa negara menghuni ISS dalam kurun waktu yang berbeda-beda.

Mereka pun merekam suasana ISS untuk mengabadikan momen langkanya. Seperti apa suka duka hidup di ISS? Yuk, intip suasananya berikut.

16 tahun lalu, inilah tim pertama yang berhasil mencetak rekor hidup terlama di ISS.

11 September 2001, video ini diambil oleh Commander Frank Culbertson. Video ini jadi fenomenal karena ia mengambil negara AS kala mengalami serangan teroris di WTC.

Pada 2009, kumpulan astronot dari beberapa Badan Luar Angkasa Internasional (NASA, CSA, ESA, JAXA dan Rusia) mengadakan konferensi pers.

Cantiknya Bumi dari ISS

Sergey Ryazanskiy dan Oleg Kotov, dua orang kosmonot asal Rusia mengibarkan obor di luar angkasa untuk merayakan Olimpiade Sochi 2014.

18 Juli 2014, Reid Weisman bereksperimen dengan ‘membakar’ api di luar angkasa.

Cantiknya Bumi dari ISS, suasana direkam untuk melihat pemandangan sunset dan sunrise sekaligus pada waktu yang bersamaan.

ISS Melewati Sisi Gelap Bumi

ISS melewati sisi ‘gelap’ Bumi pada malam hari dengan menyaksikan bintang-bintang di Milky Way.

Scott Kelly, Kjell Lindgren dan Kimiya Yui, mencicipi sayuran luar angkasa untuk pertama kalinya.

Bagaimana, apakah foto-foto aktivitas para astronot ini juga membuatmu ingin ‘hidup’ di luar angkasa?

Liputan6.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *