Microsoft Ungkap Rahasia Spesifikasi HoloLens

Microsoft akhirnya mengungkapkan jeroan dari perangkat HoloLens. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk melihat gambar virtual di dunia nyata.

Salah satu komponen penting yang terdapat di HoloLens adalah HPU (Holographic Processing Unit). HPU khusus dirancang untuk melakukan sebagian besar pengolahan, sehingga CPU dan GPU mampu meluncurkan aplikasi dan menampilkan hologram.

Pada konferensi Hot Chips di California pekan ini, Microsoft devices engineer Nick Baker menjelaskan betapa rumitnya isi komponen HPU.

 

index

HPU terdiri dari 28nm coprocessor yang difabrikasi TSMC, dan memiliki 24 Tensilica DSP core. HPU juga memiliki sekitar 65 juta gerbang logika, 8MB SRAM, dan lapisan tambahan 1GB daya rendah DDR3 RAM. HPU itu sendiri dapat menangani sekitar satu triliun kalkulasi per detik.

Untuk mengendalikan gerakan dan penginderaan, Microsoft mendesain HPU agar tidak mengonsumsi listrik terlalu banyak. Selain itu, mereka menambahkan 10 instruksi khusus untuk mempercepat proses algoritma dari augmented reality.

Hingga saat ini, Microsoft HoloLens masih belum tersedia secara resmi untuk publik.

Okezone.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *