Menotti Mempertanyakan Cara Barcelona Bermain

Mantan pelatih Barcelona yang juga pemenang Piala Dunia 1978 bersama Argentina, Cesar Luis Menotti, melontarkan kritik terhadap Barca.

Dalam kolomnya di harian Sport, Menotti mengungkapkan betapa beruntungnya Barcelona hingga saat ini. Mereka bisa terus melaju meski hal-hal tidak berjalan sesuai dengan keinginan ideal dari Luis Enrique.

Menotti yang kini berusia 78 tahun memberi contoh pertandingan antara Barcelona melawan Atletico Madrid.

“Barcelona memberi terlalu banyak kemungkinan. Dalam pertandingan melawan Atletico, itu merupakan hal yang penting. Dulu Barca bermain sangat efektif karena mereka mengontrol risiko dalam sebuah permainan, dengan ambisi dan inisiatif. Mereka memenangkan pertandingan dengan strategi. Kini, strateginya sangat bergantung pada upaya individu. Setiap pergerakan menjadi lebih bergantung pada bagaimana individu tertentu mengeksekusinya, ketimbang bekerja secara kolektif,” tutur Menotti.

Kemudian Menotti juga menyoroti betapa Messi memiliki keberuntungan yang bagus sehingga tetap bisa menjaga tim-nya dalam perburuan gelar juara liga.

“Takdir memihak Barcelona melalui gol Messi di menit-menit terakhir,” ujar Menotti.

 “Barcelona terus memenangkan pertandingan, tanpa bermain dengan baik. Dan mereka tidak memiliki kontrol terhadap apa yang akan terjadi besok. Tetapi setiap kali Barca bermain, mereka dipaksa untuk berpikir ulang mengenai strategi mereka.”

Menotti juga memberikan analisa terhadap situasi Barcelona saat ini.

“Hal yang mengkhawatirkan dari semua ini adalah mereka akan menerima hasil yang datang dengan cara apapun. Mereka tidak bermain lebih baik dari Atletico, namun mereka menang. Dalam beberapa hari ini mereka akan kembali bermain, namun kekhawatiran dan kesedihan itu akan tetap ada. Mereka akan bermain di Liga Champions dan LaLiga. Mereka bermain dengan kebingungan. Tidaklah pada tempatnya bagi saya untuk memberikan opini soal mengapa Luis Enrique mengubah sistem taktik mereka. Tetapi saya akan mengatakan bahwa di lapangan mereka bertahan dengan sangat buruk, dan mereka beruntung.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *