Mengenal Lebih Dekat Dengan YouTube Go, Nonton YouTube Tanpa Khawatir Habis Kuota!

Written By: Firdaus Ramadhan(TI 18P CDM)

Menikmati hiburan menonton beragam video dan streaming berbagai konten video di Youtube memang menyenangkan. Cukup beruntung bagi kamu yang mengandalkan koneksi internet via Wifi, karena kamu tidak perlu menggunakan pulsa untuk menggunakan mobile data. Tapi bagaimana dengan mereka yang aktivitas ke dunia mayanya bergantung pada paket kuota yang cepat habis.

Meskipun hampir semua operator dan ISP mengiming-imingi  paket kuota jumbo dengan  harga murah, namun bagaimanapun penggunaan data tetap banyak menguras kuota. Dan inilah yang sering diabaikan oleh pengguna smartphone yang internetannya bergantung pada kuota.

Namun, kemarin (28/9)  YouTube merilis aplikasi terbarunya yang disebut YouTube Go. Konon, YouTube Go akan menjadi solusi ampuh buat kalian yang “fakir kuota” karena  aplikasi ini akan dapat menghemat pemakaian data meski kamu sering-sering  menonton video di Youtube.

Asyiknya lagi, aplikasi YouTube Go ini sangat  cocok untuk penikmat konten Youtube yang berdomisili di  daerah-daerah yang  jaringan internetnya sangat lambat. Nah, sebelum menggunakan aplikasi YouTube Go, ada baiknya kamu perlu mengetahui  dan mengenali bebeapa fakta tentang YouTube Go berikut ini:

1.    Cari video di layar utama

 

Dengan aplikasi YouTube Go, memungkinkan kamu untuk dapat mencari dan menemukan video yang kalian inginkan di sebelah kanan di layar utama. Homescreen YouTube Go akan menampilkan berbagai video baru, yang sedang tren video popular yang ada di daerah kamu.

2.    Video preview

Kamu bisa menyimpan video yang akan kalian tonton, jika kamu belum ada waktu untuk menonton video tersebut. Di YouTube Go, kamu dapat langsung menekan thumbnail, dan memberikan akses cepat ke video. YouTube Go memiliki sebuah fitur video preview  dalam bentuk slideshow yang berbentuk seperti file presentasi . Dengan fitur ini, pengguna bisa mendapatkan gambaran seperti apa video yang bakal ditontonnya.

3.    Sharing Video

Pengguna YouTube Go dapat berbagi video dari satu perangkat ke perangkat lain di jarak dekat, dalam aplikasi YouTube Go. Semuanya tanpa internet alias tidak menghabiskan kuota kamu. Kalian bisa mengirimkan video yang sudah diunduh ke ponsel lain dengan memanfaatkan koneksi via Bluetooth. Dengan cara ini, pengguna bisa berbagi tanpa harus menggunakan data internet untuk kedua kalinya.

4.    Bisa pilih kualitas video sesuai dengan kuota kamu

Fitur ini penting banget ya, buat kamu yang sering merasa ‘was-was’ dengan kuota. Tidak asyik banget kan, kalo sedang di tengah-tengah mendownload, tiba-tiba kuota internet kalian habis. Nah, salah satu fitur di YouTube Go adalah memungkinkan kamu untuk bisa secara langsung melihat besar atau kecilnya ukuran file video yang bakal kamu unduh. Kalau ingin menghemat data, lebih baik mengunduh yang ukuran videonya paling kecil saja. Namun ada konsekwensinya lho ya jika kamu mengunduh video yang  file videonya kecil, karena biasanya kualitasnya bukan HD, dan kualitas gambarnya kurang bagus.

 

5.    Video Size

Namanya multimedia, pastinya tiap orang berharap untuk mendapatkan  sisi hiburan yang menyenangkan dari  tiap konten multimedia yang kalian nikmati. Nah, di salah satu fitur di YouTube Go, memungkinkan kamu untuk memilih kualitas  video yang bakal di unduh. Setelah kalian diberitahukan  sisa kapasitas ruang  penyimpanan memori di perangkat, setelah itu YouTube Go akan menanyakan ke kamu  untuk memilih apakah kamu  akan mendownload  video  tersebut dengan  Low Quality, Standard Quality atau High Quality. Masing-masing  dari kualitas video pun disertakan  bobot filenya.

 

6.    Diluncurkan bertahap, fokus untuk negara berkembang

Seperti  dilansir dari https://youtube.googleblog.com/, Google menjelaskan bahwa YouTube Go akan diluncurkan secara bertahap ke seluruh dunia, dan lebih difokuskan ke negara-negara bekembang, seperti Asia dan India. Ini adalah merupakan inisiatif Google untuk memperluas pengguna YouTube hingga dapat menjangkau  banyak orang selama beberapa bulan ke depan, dan berupaya untuk  mendapatkan umpan balik dari pengguna  dan umpan balik ini sangat mereka butuhkan demi  meningkatkan produk sebelum meluncurkan secara luas pada awal tahun depan.

9.    Tidak perlu sign up, hanya perlu login dengan akun Gmail

Jika Anda ingin menjadi orang yang pertama yang ingin “mencicipi” dan ingin mengetahui kapan aplikasi siap, kamu tidak perlu mendaftar ulang akun gmail kamu, cukup dengan login dengan akun YouTube aja, kamu sudah bisa menikmati YouTube Go dengan leluasa dan Subscription yang ada di Youtube kamu, akan nyambung juga ke YouTube Go(login dengan akun YouTube) .

Mungkin cukup sekian artikel tentang Mengenal Lebih Dekat Dengan YouTube Go dari Saya, Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat! Salam Global!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *