Mengenal Aplikasi Adobe Photoshop

Photoshop adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit foto/gambar dan membuat efek. Adobe Photoshop juga dapat mendesain berbagai macam bentuk seperti : koran, tabloid, cover buku, brosur dan lain-lain. Adobe Photoshop ini juga banyak versinya yaitu ada : Versi kedelapan disebut Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan versi terbaru adalah Adobe Photoshop CC. Photoshop ini selain bisa digunakan di dekstop bisa juga di mobile untuk OS Android dan iOS. Meski tidak secanggih versi desktop, Photoshop versi mobile juga dapat menghasilkan gambar yang bagus. Photoshop juga memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Adobe Photoshop bisa dipelajari juga secara otodidak.

Di dalam kerja adobe photosop yaitu ada sebagai berikut:

  1. Menu Bar yaitu untuk membuka file, save, dan lain-lain.
  2. Option yaitu pilihan dari tool misalnya pilih brush maka diameter brush akan muncul.
  3. Gambar yaitu menampilkan gambar yang sedang diedit.
  4. Pallete Well yaitu untuk mengakses palet atau untuk meletakkan palet yang sering digunakan.
  5. Toolbox yaitu untuk menyeleksi dan memodifikasi gambar.
  6. Palette yaitu perintah dan pilihan untuk dokumen/gambar yang sedang dikerjakan.

Dan ada juga beberapa tool di adobe photoshop seperti gambar sebagai berikut:

Tool seperti gambar diatas memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tool adalah alat yang membantu dalam pengeditan berlangsung. Selain itu ada juga Efek Khusus Photoshop sebagai berikut:

  1. Filter Liquify yaitu mengubah gambar secara langsung. contohnya seperti: memperbesar/memperkecil, dan menggeser gambar atau yang lain sebagainya. Filter ini dapat digunakan melalui menu Filter -> Liquify.
  2. Filter Vanishing Point yaitu untuk mengklone gambar dalam bentuk yang perspektif. Filter ini dapat digunakan melalui menu Filter -> Vanishing Point. Fitur ini baru di Adobe Photoshop CS2.
  3. Filter Blur yaitu untuk mengaburkan gambar. Filter ini dapat digunakan melalui menu Filter -> Blur.

 

Created by : Mei Yofena

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *