Memilih kata sandi yang sempurna: Yang harus dilakukan dan dihindari.

  • Slide 1 dari 13

    Slide 2 dari 13
    Biasanya kata sandi terdiri atas kata utama (biasanya sebuah kata yang bisa diucapkan) dan diikuti dengan embel-embelnya (bisa awalan atau akhiran). Karena itu Anda harus membuatnya berbeda dengan yang biasanya dilakukan. Jangan pilih kata sandi yang merupakan transformasi sederhana dari sebuah kata. Sebagai contohnya menambahkan sederet angka di akhir sebuah kata adalah hal yang biasa dilakukan. Coba untuk hindari melakukan ini.
    Slide 3 dari 13
    Para ahli menyarankan untuk menggunakan “passphrases” atau kata sandi yang panjang bila memungkinkan. Contohnya, “Ihave50books@home,” atau menyingkat kalimat seperti “I have two kids:Jack and Jill” menjadi “Ih2k:JaJ.” Kata sandi yang dibuat berdasarkan petunjuk seperti itu lebih mudah untuk diingat dan lebih sulit untuk dipecahkan oleh orang jahat atau malware karena hal tersebut tidak akan ditemukan di dalam kamus para peretas.

    Slide 4 dari 13

    Memilih kata sandi berdasarkan data pribadi Anda seperti nama Anda, nama binatang piaraan, nomor telepon, alamat, tanggal pernikahan, tanggal ulang tahun, atau nomor plat mobil Anda adalah hal yang harus dihindari. Informasi tersebut dapat dengan mudah ditemukan oleh siapapun yang berencana untuk meretas akun Anda.

    Slide 5 dari 13

    Jangan membuat kata sandi yang memiliki kurang dari 6 karakter atau kata sandi yang benar-benar sama persis dengan sebuah kata di dalam kamus – dibaca dengan urutan benar, terbalik, atau dalam format jamak, dengan beberapa huruf atau semua huruf dibuat kapital. Sebuah program peretas (yang dikenal dengan nama “cracker”) dapat membuat variasi kata sandi dan mencobanya untuk menerobos akun Anda dalam waktu kurang dari 1 menit.

    Slide 6 dari 13

    Tahukan Anda bawa 8-digit alfanumerik dapat membuat 645 juta kombinasi kata sandi dibandingkan dengan 100 juta kombinasi dari kata sandi yang hanya menggunakan 1 angka saja?

    Slide 7 dari 13

    Hal terbaik untuk dilakukan adalah untuk Anda menghafalkan kata sandi penting dibandingkan harus menuliskannya di suatu tempat. Tapi jika Anda tetap harus menuliskannya, kami menyarankan ini – Jangan tulis keseluruhan kata Sandinya, lebih baik tuliskan petunjuk yang akan bantu Anda mengingat kata sandi tersebut setiap kali Anda melihat petunjuknya. Lalu simpanlah di tempat aman seperti dompet, sehingga Anda langsung dapat mengetahuinya apabila hilang.

    Slide 8 dari 13

    Sekarang ini, softwate manajemen kata sandi sudah tersedia untuk menyimpan dengan aman kata sandi Anda dan menerapkannya saat Anda masuk ke berbagai macam situs daring. Mereka juga membantu Anda membuat kata sandi yang kuat. Berdasarkan Top 10 Review, RoboForm Everywhere adalah program software dengan rating tertinggi yang dijual dengan harga kurang dari $10 pada 2015.

    Sumber : TaboolaSlide 13 dari 13

Comments

comments

Diar

Simple

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *