Manfaat Lemon yang Sayang Dilewatkan

Olahan buah lemon yang berwarna kuning cerah ini sangat mudah ditemui sehari-hari. Mulai dari teh lemon, air lemon, hidangan seperti ayam asam manis, cake buah, hingga pengharum ruangan atau parfum. Namun, buah lemon memang jarang dikonsumsi langsung karena rasanya yang asam. Padahal ada berbagai macam manfaat lemon yang sayang jika dilewatkan. Apa saja manfaat lemon bagi kesehatan? Ini dia tujuh jawabannya.

1. Mengurangi risiko stroke

Menurut sebuah penelitian oleh American Heart Association, mengonsumsi buah lemon yang kaya vitamin C mampu mengurangi risiko stroke iskemik. Jenis stroke tersebut umumnya disebabkan oleh terhambatnya aliran darah menuju otak. Sementara itu, salah satu manfaat lemon bagi tubuh adalah melancarkan pembuluh darah.

2. Melawan kanker

Lemon mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan bertugas untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel normal dan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Radikal bebas sendiri bisa ditemukan di mana-mana, mulai dari polusi, racun dari rokok dan makanan kemasan, atau pada produk perawatan kulit yang Anda pakai.

3. Menjaga kesehatan kulit

Tak hanya mencegah kanker, antioksidan serta vitamin C dalam lemon bisa menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Rutin mengonsumsi lemon bisa mencegah keriput dan menjaga kekenyalan kulit. Anda pun tak perlu lagi beli serum vitamin C yang harganya selangit.

4. Mencegah serangan asma

Salah satu manfaat lemon yang mengejutkan adalah mengurangi risiko asma. Sebuah penelitian dalam jurnal Allergy, Asthma & Clinical Immunology menguak bahwa rutin mengonsumsi lemon yang kaya vitamin C mampu mencegah gangguan pernapasan yang dapat memicu serangan asma.

5. Meningkatkan daya serap zat besi

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan tubuh lemas, pusing, hingga anemia. Sementara itu, lemon berkhasiat untuk meningkatkan penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Maka, mulai sekarang cobalah mengonsumsi lemon bersama dengan makanan yang kaya zat besi seperti sayuran hijau.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Anda mungkin sudah tahu bahwa rutin makan buah-buahan mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit. Ya, buah lemon yang tinggi kadar vitamin C dan antioksidan juga efektif dalam mencegah infeksi virus yang umum seperti flu.

7. Mengatasi maag

Sebuah studi dalam jurnal Digestive Diseases and Sciences mengungkapkan bahwa kandungan asam askorbat dalam buah lemon bisa menyeimbangkan kadar asam lambung dalam sistem pencernaan Anda. Di samping itu, lemon juga memiliki sifat antiperadangan alami. Hal ini tentu baik untuk mengatasi radang atau luka pada dinding lambung yang disebabkan oleh bakteri atau gangguan pencernaan. Anda pun makin jauh dari penyakit maag.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *