Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh

Buah bit atau buah bit merah merupakan tanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan. Bentuknya menyerupai kentang serta manfaat buah bit juga terdapat pada akar dan tangkainya. Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara dijus atau diolah lagi menjadi santapan dengan tekstur lembut.

Meskipun daunnya bisa dimasak untuk dijadikan sayur, buah bit lebih dikenal umbinya yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah bit mengandung tinggi karbohidrat namun kandungan lemak, kalori dan proteinnya sangat rendah. Jadi sangat bagus dikonsumsi bagi yang sedang menjalani program diet. Kandungan betasianin (pigmen ungu) dan betasantin (pigmen kuning) yang terdapat pada buah bit inilah yang membuat warnanya menjadi merah gelap keunguan. Karena warnanya yang pekat ini, buah bit juga sering dipakai sebagai pewarna makanan alami.

1. Dapat mencegah hipertensi

Telah terbukti secara nyata, minum jus dari umbi bit ini menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School menyarankan cara murah ini untuk menurunkan hipertensi. Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, minum jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung.

2. Meningkatkan stamina

Penelitian dari Universitas Exter di Inggris menyatakan, minum jus bit bisa membantu orang berolah raga 16%  lebih lama karena kandungan nitratnya mengurangi pembakaran oksigen dalam olah raga, sehingga rasa capek dapat berkurang.

3. Mencegah anemia

Buah yang berwarna kemerahan ini sering dihubungkan dengan warna darah, sehingga dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

4. Mengurangi masalah pencernaan

Bila Anda mengalami masalah pencernaan, rasa mual, nyeri, atau diare, bisa minum jus buah bit yang dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis. Minum jus bit yang dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan akan membantu mengurangi kembung di perut.

5. Pembersih alami untuk ginjal dan empedu

Kombinasi jus bit, wortel dan ketimun, adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan ginjal dan kandung empedu dari racun yang tertimbun di kedua organ tersebut.

6. Mengatasi masalah ketombe

Untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut indah Anda, coba rebus buat bit dengan diberi sedikit, lalu dioleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dibungkus dengan handuk. Keesokan harinya, bilaslah dan keramaslah

7. Pewarna makanan alami

Kandungan betaninnya yang menghasilkan warna merah terang dapat dipakai untuk pewarna alami makanan, misalnya es krim, kue basah atau kue kering, dan jelly.

8. Pewarna rambut alami

Bila Anda akan mewarnai rambut  dengan bubuk henna, coba pilih warna hitam dan kemudian dicampur dengan jus akar bit merah. Hasilnya, rambut Anda akan hitam dengan gradasi burgundy dan alami. Lebih sehat dan tetap cantik alami.

 

Sumber: HelloSehat

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *