Luncurkan Balon Internet, Startup Indonesia ini Siap Bersaing dengan Google

Google mempunyai proyek bernama Loon Project yang bertujuan untuk menghadirkan akses internet di tempat terpencil. Dalam proyek ini, mereka pun memanfaatkan balon sebagai sarana pemancar jaringan internet. Dan kini, startup asal Bandung pun berambisi untuk menjalankan proyek serupa.

kredit: Detik
kredit: Detik

Hagorly M Hutasuhut pendiri startup Insitek adalah sosok yang ingin melakukan hal tersebut. Untuk itu, mereka pun mengembangkan proyek serupa menggunakan balon yang disebut dengan nama Helion. Dalam waktu dekat, pihak Insitek pun akan melakukan pengujian terhadap balon internet Helion ini.

Pengujian tersebut menurut rencana akan dilakukan di kawasan sekitar kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Balon Helion milik Insitek ini pun berfungsi sebagai pemancar sinyal internet WiFi. Balon ini bisa diterbangkan pada ketinggian maksimal 50 meter. Jangkauannya pun cukup jauh, yakni mencapai 4 kilometer persegi.

Pihak Insitek, seperti dilansir dari Detik Inet, mempunyai alasan tersendiri kenapa balon Helion ini sengaja didesain untuk terbang rendah. Tak lain karena mereka juga ingin memanfaatkan balon internet WiFi ini sebagai sarana advertising. Selain itu, balon ini pun dapat pula digunakan sebagai sarana pemetaan wilayah.

Insitek mengungkapkan kalau mereka mendesain balon Helion ini dengan konsep flying BTS atau BTS terbang. Balon ini pun dapat ditambatkan pada satu tempat atau bisa juga dikendalikan dari jarak jauh, disesuaikan dengan kondisi serta manfaat yang ingin diperoleh.

Sumber : beritateknologi.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *