Pesta diskon bertajuk Lombok-Sumbawa Great Sale 2017 pada Rabu (1/2) ini resmi digelar. Event yang diselenggarakan selama sebulan penuh menawarkan cukup banyak diskon bagi para wisatawan yang berkunjung ke Lombok dan Sumbawa, mulai dari paket wisata, perhotelan, restauran, kuliner, dan souvenir.

Dinas Pariwisata NTB bersama manajemen PT Angkasa Pura I Lombok International Airport (LIA) menyambut kedatangan penumpan pesawat pertama hari ini yakni Maskapai Garuda Indonesia dari Jakarta yang tiba di LIA. Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal mengatakan, penyambutan penumpang pesawat dalam penerbangan pertama di Februari merupakan penanda digelarnya event Lombok-Sumbawa Great Sale 2017.

Penumpang yang datang pada penerbangan perdana pagi ini dijamu dengan musik tradisional Gendang Beleq, makanan ringan, dan pemberian brosur katalog Lombok-Sumbawa Great Sale 2017. “Event Lombok-Sumbawa Great Sale 2017 mulai hari ini hingga akhir Februari,” ujarnya di Bandara Internasional Lombok, Lombok Tengah, NTB, Rabu (1/2).

Faozal menargetkan event yang ditujukan sebagai antisipasi low season ini dapat menarik sedikitnya 3 ribu kunjungan wisatawan ke NTB, sepanjang Februari. Ia menjelaskan, dalam event ini, sekitar 189 unit usaha terlibat memberikan diskon khusus, antara lain, sebanyak 69 hotel dan resor yang memberikan diskon tarif sewa kamar antara 30 hingga 70 persen dari harga normal, 45 restoran dan kuliner lesehan yang memberi diskon 15 hingga 30 persen, serta puluhan outlet kerajinan dan souvenir dan oleh-oleh khas NTB.

Tiga maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Citylink, dan Lion Air juga memberi diskon 10-15 persen untuk penerbangan ke Lombok. Faozal melanjutkan, sepanjang bulan diskon wisata ini, pengunjung juga bisa menikmati atraksi seni dan budaya khas Lombok dan Sumbawa yang akan digelar tiap malam di Lombok Epicentrum Mall (LEM), Mataram.

“Sebanyak 49 dari 100 unit usaha yang ada di LEM Mataram, juga menawarkan diskon dalam event Lombok Sumbawa Great Sale 2017,” lanjutnya. Dia memperkirakan, total transaksi dalam event Lombok-Sumbawa Great Sale 2017 diharapkan menyentuh angka Rp 18 miliar.

Untuk menikmati fasilitas diskon dalam Lombok-Sumbawa Great Sale, wisatawan domestik dan mancanegara, kata dia, cukup menunjukan boarding pass pesawat dan kartu identitas di hotel, restoran, pusat kuliner dan kerajinan souvenir yang bertanda Lombok Sumbawa Great Sale. “Brosur katalog great sale juga disediakan di terminal kedatangan LIA, pengunjung yang datang bisa lebih mudah menemukan fasilitas diskon sesuai keinginan,” katanya menambahkan.

Sumber : Republika.co.id