Layar 3D Touch iPhone Dituduh Melanggar Paten

Apple lagi-lagi dimejahijaukan karena dianggap melanggar paten, yaitu teknologi layar yang mereka gunakan di iPhone 6S, 6S Plus dan Apple Watch.

Pelapornya adalah Immersion, sebuah perusahaan asal San Jose, Amerika Serikat, yang telah mengembangkan teknologi haptic sejak 1993. Mereka menyebut bahwa sejumlah iPhone anyar dan semua jenis Apple Watch melanggar sejumlah paten mengenai haptic feedback.

Paten yang dimaksud adalah sebuah teknologi bernama ‘shared feedback’, yang menurut Immersion dipakai oleh Apple di 3D Touch (iPhone) dan Force Touch (Apple Watch), dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (12/2/2016).

Paten milik Immersion tersebut memang tak mencakup metode pengenalan intensitas sentuhan, namun menyebutkan bagaimana software bisa menampilkan preview informasi melalui sentuhan ringan ataupun menampilkan informasi lain dari sentuhan yang keras.

Selain itu semua iPhone mulai generasi ke-6 dan semua model Apple Watch juga memanfaatkan teknologi teknologi lain yang dimiliki oleh Immersion, yaitu bagaimana layar sentuh bisa memberikan sensasi tactile (sensasi seperti menekan tombol mouse ataupun keyboard).

Jika tuntutan ini dikabulkan oleh pengadilan, Immersion akan mendapat uang ganti rugi dari Apple atas pelanggaran paten yang mereka lakukan. Namun untuk saat ini belum terungkap jumlah uang ganti rugi yang mereka minta. – Detik.com – Jakarta

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *