Makanan Khas Korea yang Enak

Setiap seluruh penjuru dunia selalu memiliki ciri khas makanan tersendiri. Dari mulai rasanya yang enak, bentuk penyajiannya yang aneh, bahkan ada pula yang memiliki makanan khas yang disajikan dengan ekstrem. Kali ini kami akan membahas tentang makanan khas Korea Selatan yang wajib banget kalian ketahui, selain rasanya yang enak, unik dan tentunya dengan harga terjangkau. Banyak dari wisatawan yang berkunjung ke Korea Selatan hanya karena mereka mengagumi Korean Pop, dan tidak jarang juga dari mereka yang berdatangan kesana karena penasaran dengan kebudayaan dan makanan khas dari Korea Selatan.

  1. Bibimbap
blog.reservasi.com

Bibimbap ini merupakan salah satu nasi campur khas Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, telur, daging sapi dan saus pedas gochujang yang sudah menjadi favorite masyarakat sekitarnya, sekilas memang seperti nasi campur pada umumnya. Ibaratnya jika di Indonesia makanan ini adalah masakan Padang dengan kuah rending yang enggak boleh tertinggal. 

2. Japchae

blog.reservasi.com

Makanan ini pertama kali dibuat pada abad ke 17 ketika Semenanjung Korea diperintah Dinasti Joseon. Ketika raja Gwanghaegun melangsungkan pesta besar di istana, salah seorang bangsawan tuan rumah menghidangkan jachae. Raja Gwanghaegun begitu menyukai rasa japchae hingga bangsawan tersebut diangkat menjadi byeongjo panseo setara dengan menteri keuangan.

Makanan khas Korea yang satu ini memang sekilas mirip dengan bihun goreng yang sering kita temui sebelumnya. Japchae adalah salah satu makanan terfavorite di Korea Selatan, dan selalu dijadikan makanan wajib untuk para pendatang yang sedang berkunjung di Korea Selatan. Berbahan dasar sayuran, daging sapi, jamur, wortel, bawang bombay, paprika yang di potong kecil-kecil memanjang. Masing-masing bahan ditumis secara terpisah untuk mempertahankan aroma dan rasanya. Bumbu berupa bawang putih, kecap asin, gula pasir ditumis dengan minyak wijen bersama dengan daging sapi. Di dalam wadah semua bahan dicampurkan dengan sohun yang sudah direbus sebelumnya, dan di aduk-aduk dengan minyak wijen, irisan cabai, dan wijen. Nasi dengan Jachae diatasnya disebut japchae bap, dan dimakan sebagai hidangan utama. 

3. Tteokbokki

blog.reservasi.com

Pada awalnya, pangan ini berasal dari masakan Istana Dinasti Joseon yang disebut gungjung tteokbokki. Masakan ini berupa huintteok yang dimasak dengan kecap asin bersama dengan daging sapi, bagogari, kecambah kacang hijau, peterseli, jamur shitake, wortel, dan bawang bombay. Rasanya jauh berbeda dari tteokbokki berbumbu cabai yang dikenal sekarang ini. Jika di lihat dari bentuknya sangat menyerupai sosis. Tteokbokki ini memiliki ciri khas rasa yang merah, pedas, manis dan bertekstur kenyal ini terbuat dari kue beras yang sudah dicampurkan dengan daging yang lezat. Dijamin deh, jika kalian ke Korea Selatan pastinya tidak akan pernah bisa melewatkan camilan khas Korea yang satu ini.

4. Kimchi

blog.reservasi.com

Jika kamu berkunjung ke restoran Korea, tentunya akan sering melihat makanan ini sebagai makanan penutup. Makanan ini sudah menjadi favorite bagi para warga sekitar dan juga untuk para wisatawan. Kimchi merupakan makanan tradisional khas korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Berbahan dasar Sawi Putih yang di fermentasikan setelah  itu di garami dan di cuci bersh, lalu sayuran di campur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, bawang putih, jahe, dan bumbu pedas.


Source : blog.reservasi.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.