Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tertumpah Kopi

Kejadian tak terduga sering kali menimpa salah satu alat elektronik penting yaitu laptop. Tertumpah kopi atau semacamnya menjadi salah satu masalah yang sering dialami.

Seperti dilansir Safe Bee beberapa waktu lalu, toko perbaikan komputer di South Carolina dan Louisiana sering menerima banyak masalah dengan laptop yang tersiram cairan. “Air saja biasanya tidak akan merusak elektronik, tetapi minuman yang sangat korosif seperti anggur, jus, dan kopi meninggalkan residu lengket yang harus dibersihkan,” kata pemilik toko Alex Mouravskiy.

Ia mengatakan, hal yang paling berbahaya ketika mengalami masalah tersebut adalah kemungkinan munculnya hubungan arus pendek. Kejadian tersebut akan mempercepat matinya laptop dan proses korosi pada komponen laptop yang rusak. Untuk mengatasinya, berikut ini tiga hal yang perlu dilakukan :

 

1. Lepaskan sumber aliran listrik

Hal yang paling penting dilakukan setelah laptop tersiram kopi adalah segeralah mencabut aliran listrik. Termasuk juga mengeluarkan baterai jika memungkinkan karena ada beberapa merek laptop yang harus menggunakan obeng untuk melepaskan baterainya. Setelah itu cabut semua kabel termsuk mouse, flasdisk, dan DVD portabel.

2. Keringkan Laptop

Dengan cara yang lembut, keringkan bagian luar yang ditumpahi cairan dengan lap penyerap yang memungkinkan laptop kering sepenuhnya. Para ahli mengatakan orang sering meremehkan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk sepenuhnya mengeringkan laptop.

“Mencoba untuk menghidupkan laptop sebelum benar-benar kering biasanya menjadi kesalahan fatal atau salah satu yang akan membutuhkan perbaikan yang lebih mahal,” kata Mouravskiy.

Dengan insiden tersebut, laptop akan diperbaiki selama beberapa hari. Bahkan cara amannya sebelum dihidupkan kembali harus dimatikan selama tiga hari.

3. Mengeringkan memakai  beras

Beberapa ahli merekomendasikan trik beras menjadi salah satu cara mengeringkan laptop dengan cepat. Taruhlah laptop di kantong plastik beserta beras yang menutupi semua permukaan laptop karena dapat menyerap air.

Mouravskiy mengatakan, cara tersebut bisa menjadi solusi sementara yang baik. “Beras tidak akan sangat membantu menyerap air yang ada di bawah chip atau komponen kecil. Masalah terbesarnya, orang sering kali tidak sabar menunggu proses pengeringan,” ungkap Mouravskiy.

Namun jika tumpahan pada laptop hanya sekadar air bersih saja, maka langkah yang dilakukam cukup dengan hanya menghapus residu yang tertinggal. “Gosok dengan lembut komponen internal menggunakan air bersih atau alkohol dan sikat gigi lembut,” saran Mouravskiy.

Sumber : REPUBLIKA.CO.ID

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *