Kelebihan dan Kekurangan dari Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan software desain grafis yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe dan kemampuannya boleh disejajarkan dengan Coreldraw dari sisi fitur meskipun platform penggunaan dari keduanya berbeda, AI lebih diperuntukkan untuk desain grafis yang bersifat abstrak, photo-retouching, dan professional editing on-fly. Coreldraw lebih ditujukan untuk desain dan rancang bangun objek 2D dan vektor.

Dan ini beberapa kelebihan dan kekurangan  yang ditawarkan oleh software AI atau Adobe Illustrator sebagai berikut

KELEBIHAN :

  1. Memiliki Kualitas Gambar Yang Tajam

AI memiliki kualitas gambar yang lebih tajam dibandingkan dengan adobe photoshop, meski demikian, mirip fungsi photoshop lightroom, software vektor umumnya membutukan waktu pengerjaan yang lebih lama dibandingkan dengan software piksel sejenis adobe photoshop mempunyai nilai yang lebih baik dibandingkan dengan adobe illustrator ini.

2. Pilihan Yang Tepat untuk Menggambar Illustrasi dan Kartun

Salah satu kegunaan yang paling menonjol di software AI adalah pembuatan ilustrasi, selain itu juga drop shadow yang diberikan cukup baik. sehingga mampu menciptakan desain ilustrasi dan kartun yang terlihat lebih maksimal.

3. Mampu Menampilkan Grafis Print Out dengan Baik
Adobe Illustrator dioptimasikan dalam hal grafis, dimana output gang berupa print out dj AI sendiri bisa dibilang memiliki kualitas yang baik hampir mendekati tampilan di layar monitor atau LCD saat di edit. Hal ini sama seperti true type font dalam tipoGrafi Windows yang mana tampilan saat di print out sama dengan tampilan di layar saat diketik.

4. Bisa Digunakan untuk Mendesain Logo
Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Adobe Illustrator adalah kemampuannya yang dapat digunakan untuk membuat desain logo, sama halnya seperti coreldraw. Dengan menggunakan AI ini, Kita juga bisa merancang logo sesuai keinginan.

5. Dapat Menangani File Berukuran Besar
Salah satu kelebihan dari aplikasi design grafis ini adalah mampu menangani file RAW berukuran besar, selain aplikasi tetap berjalan dengan stabil. Selain itu juga aplikasi tetap mampu menangani dengan baik proses rendering yang ada. Selain itu juga tidak mempengaruhi kualitas RAW yang di render. Adobe Illustrator memang dioptimasikan untuk penggunaan high-end dimana kebutuhan akan processig dan rendering huge file berkualitas tinggi sangat dibutuhkan.

6. Membuat Konten Publishing

Sama hal nya seperti diatas, AI juga bisa digunakan untuk membuat konten publishing seperti map creation, favicon untuk keperluan web development, object grafis, dan masih banyak lagi. Jadi bisa disimpulkan fitur yang dimiliki AI bukan sebatas sketch creation saja.

Adobe Ilustrator mampu menangani banyak desain dari yang sederhana sampai rancang bangun yang terbilang kompleks, selain itu kemampuan penyimpanan format file ke berbagai format populer juga didukung.

 

KEKURANGAN:

1. Walaupun fitur lengkap tapi cukup sulit untuk pengerjaan layout.

2. Gambar tidak terlihat realistis

3. Tidak User friendly untuk fitur power clip-nya

4. Tempat produksi terkadang ada yang tidak support

Demikianlah ulasan artikel kelebihan dan kekurangan  adobe illistrator, semoga artikel ini dapat memberikan wawasan tambahan dalam hal referensi aplikasi grafis sekelas adobe dan mampu memahami apa saja yang menjadi kelebihan aplikasi ini. Semoga bermanfaat

 

 

-FITA FARADILA FADLI

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *