Jenis-Jenis Software

Sejalan dengan kemajuan teknologi, perangkat lunak telah tumbuh dengan cukup pesat. Terbukti dengan bnyaknya software nan beredar saat ini, baik yang berlisensi maupun geratis. Menurut fungsinya, ia dibagi menjadi:
1. Sistem Oprasi
Dalam Bahasa Ingris disebut Oprating System dan sering disingkat OS. Keberadaannnya dalam sebuah komputer sangat penting karena tanpa sistem operasi, users tidak akan bisa menjalankan serta memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak, terkecuali booting. Ia merupakan software komplek yang mempunyai banyak fungsi antara lain, mengatur seluruh hardware nan terintegrasi dengan CPU, memberi intruksi pada processor untuk mngerjakan permintaan users, mengatur segala proses yang terjadi dalam CPU dan menjadi platfrom guna menjalankan software aplikasi.
2. Software Pengolah Kata
Sesuia namanya, program atau aplikasi ini digunakan untuk kebutuhan menulis. Beberapa contohnya, yaitu :
a. Lotus Word Pro
Dibuat oleh International Business Machine (IBM), aplikasi ini mempunyai kelebihan, file nya bisa dibuka serta disunting memakai Microsoft Word. Ia juga dilengkapi fasilitas Helpful Menu Finder yang digunakan untuk membantu menemukan intruksi-intruksi yang sesuai dengan Microsoft Word dan Word perfect.
b. OpenOffice Writer
Aplikasi berlisensingratis (freeware) ini bersifat multiplatfrom alias dapat dijalnkan pada berbagai sistem oprasi, mulai dari Windows, Linux, Unix, Mac OS dan Solaris. Fitur yang dimiliki serupa dengan Microsoft Word, sehingga pengguna baru tidak akan kesulitan untuk memakainya. Data yang di buat melalu OpenOffice Write pun bisa dibuka dan diedit di Microsoft Word, begitu sebaliknya.
c. Star Office Writer
Sama halnya dengan OpenOffice Writer, program ini juga bersifat multipaltfrom. Ia mampu mengonfersi file dari Microsoft Word dan Word Perfect. Selain itu, di dalamnya terdapat bnyak contoh memo, surat, fax, resum serta dokumen.
3. Software Pengolah Data
Program ini digunakan untuk mengerjakan segala hal yang berhubungan dengan angka atau perhitungan. Ia dapat menemukan jawaban atas rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian, serta pembagian. Nah, dibawah ini contoh aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang cukup populer:
Kspread
Aplikasi pengolah angka tersebut bersifat bebas terbuka (open source) dan multiplatfro. Ia memiliki tampilan yang dilengkapi menu dan navigasi, sehingga mudah digunakan. Kelebihan lainnya, yaitu kspread mampu mengurutkan angka, melakukan perhitungan hingga lebih dari 100 fungsi dan bisa memuat bnyak lembar kerja serta tabel dalam satu dokumen
4. Software Anti Virus
Kerap disebut virus Protection software, aplikasi ini berfungsi sebagai pendeteksi dan penghapus virus dari Sistem Komputer. Ia bisa menentukan, apakah sebuah PC telah terinfeksi virus atau tidak. Umumnya, software tersebut bekerja dengan cara memindai semua berkas yang diakses, baik dibuka, disimpan maupun dimodifikasi.
Selain kedua fungsi yang disebutkan, Ia juga memberi perlindungan dan keamanan terhadap data-data dalam komputer dari serangan virus. Sehingga, pengguna tidak akan khawatir ketika ingin menyimpan file-file penting mereka. Ada bebrapa antivirus yang bnyak dipakai oleh users, seperti Smadav, AVG, Avira, BitDefender, Norton, Mcafee Secure dan lain-lain.

Itulah pembahasan lengkap mengenai pemgertian software berserta fungsi dan jenis-jenis software yang paling umum digunakan oleh pengguna komputer.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.