Internet of Things, Masa Depan Kehidupan Manusia?

Zaman sekarang, internet menjadi kebutuhan semua orang, termasuk para generasi milenial (anak zaman now). Namun, kini tak dapat dipungkiri bahwa internet kini mengalami perkembangan yang amat pesat. Bahkan, internet kini bukan hanya lagi ajang untuk berselancar di dunia maya saja, namun juga internet telah banyak sekali mempermudah cara hidup kita dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari energi, hingga pertanian dan peternakan. Hal tersebut merupakan salah satu pengaplikasian Internet of Things (IoT). Namun, tahukah kamu, apakah itu IoT?

Dalam webinar yang diselenggarakan STMIK Global yang bertajuk “Yuk Belajar! Apa Itu IoT?” pada hari Sabtu, 30 Januari 2021 yang lalu, pembicara dalam webinar tersebut, yakni M. Ali Akbar Jufri, S. Kom., MTA., MTCNA. menjelaskan banyak hal mengenai IoT, dari mulai definisi, cara kerja, manfaat, hingga pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya, ini menjadi materi yang sangat menarik, dikarenakan IoT menjadi tren teknologi yang paling banyak diperbincangkan.

Dalam webinar yang dipandu oleh Diki Niko Sulistyo, S. Kom. dan diikuti oleh lebih dari 200 peserta itu, didemonstrasikan juga mengenai salah satu contoh penerapan IoT dalam kehidupan di rumah, yakni mematikan lampu dan kipas secara jarak jauh hanya dengan menggunakan aplikasi yang terdapat pada telepon pintar (smartphone) tersebut. Hal ini tentu saja menarik perhatian para peserta webinar yang melihat sendiri kecanggihan alat yang dibuat oleh pembicara tersebut.

Dalam sesi tanya jawab yang digelar setelahnya, para peserta juga cukup aktif dalam melontarkan pertanyaan, terutama yang berkaitan dengan alat yang sudah didemonstrasikan itu.

Ternyata cukup menarik ya materi tentang Internet of Things ini sobat KarGo, tapi ada tips nih dari mas Ali kalo kita pengen belajar IoT ini. “Tapi, jangan mudah percaya kalo lihat tutorial di YouTube, karena di YouTube itu cuma kelihatan yang mulus-mulus aja. Jadi, kita gak tahu errornya dimana. Jadi, dari kitanya sendiri kalo kita mau belajar.” kata dia.

Oke sahabat KarGo, sampai jumpa di webinar selanjutnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.