Inilah 7 alasan penting kenapa kamu tidak boleh melewatkan sarapan!

Sebagian orang banyak mengabaikan waktu sarapan dan menganggap sarapan sebagai hal yang tidak penting. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang malas untuk sarapan? Jika iya, mulailah untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Hal ini karena tubuh kita memerlukan asupan energi yang cukup dengan makan secara teratur yakni sebanyak 3 kali sehari, termasuk juga di pagi hari. Dan ternyata, waktu makan yang paling penting bagi tubuh kita adalah makan pagi alias sarapan. Sarapan memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung aktivitas harian kamu.

Berikut ini adalah 7 alasan penting kenapa kita tidak boleh melewatkan waktu sarapan di pagi hari.

1. Sarapan pagi menurunkan resiko obesitas

Mau punya tubuh yang langsing? Jangan pernah melewatkan sarapan pagi. Yup, sarapan teratur memang sudah terbukti dapat menjauhkan kamu dari yang namanya kegemukan atau obesitas. Fakta ini telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian yang menyatakan bahwa orang yang melewatkan sarapan cenderung memiliki resiko 4 kali lebih tinggi untuk terkena obesitas dibandingkan dengan mereka yang selalu sarapan pagi.

Hal tersebut karena orang yang seringkali melewatkan sarapan juga cenderung akan makan lebih banyak saat makan siang karena rasa lapar yang berlebih. Akibatnya, mereka akan mengonsumsi lebih banyak lemak dan kalori, bahkan jumlah kalori yang masuk ke tubuh mereka bisa mencapai 100 kalori lebih banyak daripada orang yang rajin sarapan. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk selalu sarapan pagi yah, terutama bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Hal ini bertujuan untuk mencegah rasa lapar berlebih di siang hari yang membuat kamu sulit untuk menahan diri untuk tidak makan dalam jumlah yang banyak.

2. Menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya

Rajin sarapan di pagi hari juga dapat menjauhkan kamu dari penyakit yang berbahaya seperti diabetes dan penyakit jantung.  Sebuah jurnal tahunan dari American Heart Association menunjukkan bahwa orang yang malas untuk sarapan cenderung memiliki kadar gula darah dan kolesterol yang tinggi dibandingkan mereka yang rajin sarapan. Seperti yang kita ketahui, kolesterol yang tinggi merupakan faktor utama penyebab penyakit jantung.

3. Sarapan membuat kamu jadi lebih bersemangat dan berenergi

Makan pagi atau sarapan menjadi waktu makan yang paling penting dan sama sekali tidak boleh kita lewatkan. Hal ini karena tubuh membutuhkan sumber energi untuk dapat beraktivitas sepanjang hari. Kamu bisa membandingkan sendiri bagaimana semangat kerja kamu saat tidak sarapan dengan saat sarapan. Pastinya kamu akan merasa lebih bersemangat dan memiliki lebih banyak energi untuk menyelesaikan semua pekerjaan saat kamu tidak melewatkan sarapan.

Namun sebaiknya kamu memilih makanan yang dengan karbohidrat komplek dan kaya akan serat seperti oatmeal dan roti gandum, yang akan menjauhkan kamu dari rasa lelah dan malas saat beraktivitas. Jangan lupa pula untuk menambahkan menu makanan yang mengandung protein dan kalsium tinggi seperti susu dan telur.

4. Meningkatkan kinerja otak dan konsentrasi

Sarapan ternyata tidak hanya mendukung aktivitas fisik, namun juga aktivitas otak. Pada dasarnya otak juga membutuhkan pasokan nutrisi terutama glukosa untuk bisa bekerja secara optimal. Kurangnya pasokan nutrisi ke otak akan menurunkan kinerja otak dan membuat kita sulit untuk berkonsentrasi. Namun makanan dengan kalori yang tinggi sebaiknya tidak kamu konsumsi saat sarapan pagi, karena penelitian menunjukkan bahwa sarapan berkalori tinggi juga dapat menurunkan kinerja otak. Pilihlah makanan bernutrisi tinggi seperti sayur dan biji-bijian utuh.

5. Menyehatkan kulit

Fakta lainnya adalah sarapan dapat baik untuk kesehatan kulit. Salah satu menu sarapan yang menyehatkan kulit adalah telur. Kandungan nutrisi yang terdapat pada telur akan menjaga elastisitas kulit dan melindungi sel-sel kulit dari bahaya radikal bebas. Telur juga dapat membantu dalam melancarkan proses regenerasi kulit loh.

Di samping itu, mengkonsumsi telur di pagi hari juga mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menurunkan nafsu makan. Tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsinya karena konsumsi telur yang berlebihan terutama bagian kuningnya, akan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Cukup konsumsi satu butir telur saja di pagi hari.

6. Meningkatkan sistem imun

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin sarapan pagi dapat mengingkiatkan imunitas atau kekebalan tubuh, sehingga akan menghindari kita dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit. Hal ini karena sarapan teratur dapat meningkatkan hormon dalam tubuh yang berperan untuk mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh.

Sistem imun yang rendah tentunya membuat kita rentan terkena penyakit yang diakibatkan oleh virus seperti flu dan batuk. Oleh karena itu, mulailah untuk sarapan teratur agar tubuh kamu tidak mudah kalah dengan serangan virus dan bakteri.

7. Memperpanjang umur

Dari poin-poin di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sarapan teratur dapat membuat kita lebih sehat dan aktif, yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan kualitas hidup dan umur kita. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang mampu bertahan hidup hingga umur 100 tahun adalah mereka yang selalu sarapan pagi dengan teratur. Orang yang rajin sarapan juga cenderung tidak suka melakukan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan tubuh seperti merokok dan mengonsumsi alkohol.

Bagaimana, setelah mengetahui segudang manfaat dari sarapan, pastinya kamu tidak akan mau untuk melewatkan sarapan pagi kan?

 

sumber : b

Comments

comments

yayan_sopian

seorang pribadi yang suka dengan kesederhanaan. gaya hidup yang simple namun uptodate. pesimis dan peduli lingkungan hidup, sangat gemar dengan seni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *