Ini Dia 8 Gejala Depresi Yang Harus Kamu Ketahui

Gejala depresi bisa dialami siapa saja dan kapan saja. Depresi sendiri merupakan gangguan mood yang disertai/ditandai dengan perasaan sedih, kesepian, dan kehilangan minat yang terus-menerus.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), depresi adalah penyebab utama kecacatan di seluruh dunia. Kebanyakan orang tidak mencari bantuan karena stigma sosial atau kurangnya pengetahuan, yang dapat memperburuk kondisi mereka.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya depresi, seperti faktor lingkungan, psikologis dan sosial, gangguan bipolar, serta kondisi lainnya.

Seperti dilansir Times of India, berikut beberapa gejala depresi yang harus Sobat KarGo ketahui dan pahami.

1. Kesedihan Yang Terus Menerus

Seseorang yang menderita depresi mungkin sering merasa sedih atau menangis. Seringkali mereka merasakan semacam kehampaan. Jika seseorang mengalami perasaan atau suasana hati yang tertekan seperti itu selama lebih dari dua minggu berturut-turut, bisa jadi orang tersebut terkena depresi.

2. Kehilangan Minat

Dalam istilah medis, kondisi kehilangan minat terhadap apapun disebut juga dengan anhedonia. Dalam fase ini, biasanya orang menarik diri dari aktivitas yang pernah mereka suka, seperti olahraga atau pergi keluar bersama teman.

3. Kelelahan dan Tidur Berlebihan

Orang yang mengalami gejala depresi umumnya merasa sangat lelah dan malas, sehingga mereka banyak tidur. Dalam beberapa kasus, depresi dapat menyebabkan insomnia dan kegelisahan di malam hari.

4. Perubahan Nafsu Makan

Ini juga merupakan tanda depresi. Ada seseorang yang justru makan lebih banyak atau mungkin tidak merasa lapar sama sekali. Mereka melakukan itu bukan dengan sengaja, tetapi mereka hanya merasa tidak mau makan atau merasa sangat lapar.

5. Cemas Berlebih

Gugup, gelisah, detak jantung cepat, napas cepat, gemetar, atau otot berkedut merupakan beberapa tanda kecemasan yang umum.

6. Emosi Yang Tidak Terkontrol

Perubahan suasana hati yang drastis bisa menjadi tanda dari gangguan mental. Orang yang merasa depresi seringkali mengalami perubahan mood yang drastis tanpa alasan tertentu.

7. Merasa Tidak Berharga

Rasa bersalah, gagal, dan kesulitan dalam melepaskan masa lalu dapat menambah kekhawatiran diri. Bahkan, kesalahan kecilpun bisa membuat seseorang merasa tidak berharga atau menimbulkan perasaan benci pada diri sendiri.

8. Masalah Konsentrasi

Kurangnya konsentrasi atau merasa kesulitan membuat keputusan juga merupakan tanda umum depresi. Gejala depresi ini lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.

Jadi, sobat KarGo, jika teman kamu atau mungkin kamu sendiri mengalami hal/gejala serupa, coba diwaspadai deh. Jangan sampai kamu membiarkan gejala-gejala ini hinggap di diri kamu, atau tingkat depresi yang kamu alami akan semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Sumber : Okezone

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.