Ingin Kulit Lembut Alami? Perhatikan 6 Langkah Ini

Jakarta Merawat kulit agar tetap sehat tak semudah mencuci muka dengan air bersih saja karena faktor hormon saat menstruasi, paparan sinar matahari, hingga penuaan dini menjadi faktor kerusakan kulit yang tak dapat dihindari.

Melansir laman She Knows, Jumat (11/3/2016) untuk menjaga kelembutan dan kesehatan kulit dapat dilakukan dengan cara berikut.

1. Hentikan penggunaan produk berlebih

Dr. Jessica Krant, seorang dermatolog sekaligus pendiri Art of Dermatology, juga asisten profesor klinis dermatologi di SUNY Downstate Medical Center, New York City, memaparkan langkah awal untuk mendapatkan kulit wajah yang lembut dan segar dengan berhenti menggunakan ragam produk kecantikan.

“Semua produk kecantikan memasarkan kandungan antipenuaan namun sayangnya hal itu tak benar-benar memberikan keuntungan, justru membuat kulit mudah iritasi, memerah, dan menghasilkan garis-garis penuaan,” ungkapnya.

2. Kurangi mencuci wajah

Dengan lebih sering mencuci wajah akan membersihkan kulit sekaligus melembutkan kulit namun pemikiran umum tersebut ternyata salah besar.

“Berlebihan mencuci wajah akan menghasilkan kulit menjadi lebih kering dan iritasi. Terlebih keseringan mencuci wajah akan membuat kulit menjadi kemerahan dan mengelupas”, ujar Krant.

Menurut Dr. Neal Schultz, seorang dokter kulit di New York, pastikan setelah mencuci wajah gunakan toner atau pembersih wajah untuk benar-benar menghilangkan kotoran yang masih menyumbat pori-pori wajah dan mengangkat sel kulit mati.

3. Hindari gerakan keras pada wajah

Memencet atau memecahkan jerawat tak akan membuat jerawat hilang selamanya sebab kulit begitu sensitif dan mudah meninggalkan bekas jika terkena gerakan terlalu keras.

Menurut Krant mengatasi jerawat harus dengan gerakan yang lembut dan hindari menggunakan ujung jari saat mengeluarkan jerawat pada wajah. Memecahkan jerawat dengan tangan sendiri akan meninggalkan bekas pada wajah.

4. Dapatkan eksfoliasi yang cukup

Jika Anda menginginkan kulit yang benar-benar halus, kulit-kulit mati pada wajah akan tersingkir seketika dengan eksfoliasi.

CEO Celeste Hilling mengatakan bahwa pengelupasan akan mempercepat proses pergantian sel dan memungkinkan tubuh untuk menghasilkan kulit yang lembap. Terlebih pegelupasan juga membantu untuk perputaran elastin dan produksi kolagen.

5. Bersihkan kuas makeup

Kuas makeup yang selalu digunakan setiap hari meningkatkan kotoran juga minyak yang tersisa dan menyebabkan jerawat. Dengan membersihkan kuas makeup secara teratur, kulit akan terhindar dari jerawat dan kerusakan lainnya.

6. Perhatikan konsumsi makanan

Dr. Michelle Yagoda, seorang ahli bedah plastik juga ahli kecantikan integratif estetika mengatakan, “Makanan yang kaya protein tanpa lemak dan omega-3 sangat efektif dalam memberikan kehalusan kulit. Nutrisi tersebut akan membantu kulit mempertahankan kelembapannya secara alami.”

Sumber : Liputan6.com

Comments

comments

Astrid Novianti

Muslim dan suka hiking juga..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *