Haruskah Saya Mencabut Charger HP Ketika Tidak Digunakan?

Sering kali kita melihat orang lain yang malas untuk mencabut charger HP dari stop kontak ketika baterai sudah terisi hingga penuh. Jangankan orang lain, kita sendiri acap kali lupa atau malas untuk mencabutnya kan. Lalu apakah ada dampak buruk dari kebiasaan jelek tersebut?

Orang-orang dari How-to Geek akhirnya menjawab pertanyaan tersebut dengan demonstrasi yang meyakinkan. Mereka memasang sebuah pengukur Watt yang bernama Kill a Watt untuk mengetahui, berapa sih daya yang dibutuhkan oleh sebuah charger ketika ia terpasang pada stop kontak. Praktek ini dilakukan untuk mengetahui, seberapa boros charger menyerap daya ketika tidak dicabut dari sumber listrik di rumah.

Hasilnya cukup mengejutkan. Sebuah charger yang dipasang sebagai alat tes dari percobaan ini tidak mengubah angka Watt yang tertera pada alat Kill a Watt tersebut. Namun mungkin itu hanya daya yang terlalu kecil dan tidak sanggup untuk ditampilkan oleh alat pendeteksi Watt tersebut. How-to Geek kemudian mencoba kembali dengan cara yang lebih ekstrim. Mereka mencoba memasang enam charger dari enam perangkat yang berbeda secara bersamaan demi mengungkap kembali berapa Watt yang dibutuhkan jika stop kontak terpasang oleh banyak charger.

charger-hp-2Wow, hasilnya juga masih di luar dugaan. Total Watt yang dibutuhkan oleh enam charger yang dipasang secara bersamaan tersebut hanya berjumlah 0,3 Watt saja. Boros? Nggak juga.

Vampir Daya Ternyata Hanya Mitos

Dulu ada istilah yang sering kali muncul di internet maupun di poster-poster yang terpasang di berbagai tempat, yaitu mengenai Vampire Power atau penyedot daya yang tidak kita sadari di rumah. Daya tersebut disedot melalui Charger-charger yang terpasang tanpa dipakai dan mereka akan mengonsumsi daya secara perlahan namun pasti.

charger-hp-3

Ternyata melalui praktek ini akhirnya kita tahu, bahwa Watt yang dibutuhkan oleh charger ketika tidak digunakan rupanya kecil sekali. Jika kamu memang sayang dengan anggaran listrik di rumah, lebih baik untuk mencabut perangkat elketronik yang pasti-pasti aja deh, seperti kulkas atau AC ketika tidak digunakan.

Sumber : How-to-Geek

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *