Hai Kaum Muda, Terapkan 5 Nasehat B.J. Habibie Ini Jika Ingin Sukses

“Kaum muda adalah orang-orang yang penuh dengan semangat yang tinggi. Dari semangat dan gelora tinggi inilah seharusnya mereka bisa menggunakannya untuk hal-hal yang positif. Selain melakukan hal positif, pemikiran positif juga sangat diperlukan para pemuda untuk bisa menyongsong kesuksesan”. Itulah sepenggal pemikiran Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang kita kenal dengan nama B. J. Habibie, mantan Presiden Republik Indonesia ke-3 yang juga seorang insinyur dengan karya di bidang dirgantara yang mengesankan.

Jika kebanyakan orang berpikir bahwa untuk menggapai kesuksesan adalah dengan jalan memperoleh nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang tinggi, maka tidak demikian bagi B.J. Habibie. Menurutnya sukses tidak harus dengan jalan meraih IPK yang tinggi. Tapi dengan formula dan filosofi berikut ini, siapapun bisa melakukannya dan bisa sukses menjalani kehidupannya.

1. Keberhasilan Adalah Milik Mereka yang Berusaha

Nasehat pertama dari B. J. Habibie untuk hidup sukses adalah dengan selalu berusaha sesulit apapun keadaan mu. Menurut Habibie siapapun yang mau belajar dan terus berusaha akan bisa mencapai kesuksesan meski tanpa IPK yang tinggi. Percuma punya IPK tinggi kalau pemalas, karena kesuksesan tidak akan bersama orang-orang pemalas.

Jadi, menurut Habibie kecerdasan intelektual bukanlah satu-satunya faktor penentu kesuksesan seseorang. Ada hal yang paling berperan yang menentukan kesuksesan, yaitu kerja keras. Maka bagi Anda kaum muda yang ingin sukses seperti Habibie, tekunlah dan teruslah berusaha dengan sekuat tenaga untuk mencapai apa yang dicita-citakan.

2. Tak Pernah Menyerah Mengejar Impian

Selanjutnya, nasehat B.J. Habibie untuk kaum muda yang ingin sukses adalah agar memiliki sikap pantang menyerah. Kesungguhan seseorang di suatu waktu memang bisa saja naik turun karena adanya beberapa faktor, itu bisa karena dinamika kehidupan dan itu adalah hal yang wajar. Namun, jika seseorang sampai berhenti dan menyerah maka hal inilah yang akan jadi masalah.

Habibie adalah sosok yang tidak pernah menyerah untuk meraih apa yang diimpikan meski berada dalam keadaan yang sulit, termasuk keterbatasan. Meski beberapa kali idenya ditolak dan dianggap remeh, tapi pria kelahiran Pare-pare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini tetap berusaha dan tidak mau menyerah. Dengan sikap inilah kemudian Habibie mampu mewujudkan impiannya.

5-Filosofi-BJ-Habibie

3. Selalu Siap Menjalani Setiap Tantangan dan Mau Berkorban

Dalam perjuangan mencapai atau mewujudkan cita-cita, kita pasti akan bertemu dengan tantangan dan rintangan. Menurut Habibie kaum muda haruslah selalu siap menghadapi tantangan dan tidak cengeng dengan berbagai kendala yang menghadang.

Selain harus siap menghadapi tantangan, menurut B. J. Habibie anak muda juga harus siap berkorban tenaga, berkorban waktu, dan juga harta. Ya, sebuah impian dan cita-cita yang besar memang tidak mudah untuk diraih dengan sekejap mata. Ia membutuhkan pengorbanan dari orang-orang yang mengejarnya. Anda harus siap capek, kehilangan waktu bermain, dan juga mengorbankan uang dari tabungan Anda. Tapi yakinlah perjuangan dan pengorbanan Anda tidak akan sia-sia begitu saja, pada waktunya kesuksesan akan menjadi milik Anda.

4. Jadilah Orang yang Konsisten Untuk Mengerjakan Satu Bidang

Banyak sekali contoh yang sudah membuktikan bahwa seseorang yang terlalu memikirkan dan mengerjakan banyak hal maka akan sulit untuk sukses. B.J. Habibie memberikan nasihat pada generasi muda, jika ingin sukses maka kita harus konsisten menekuni satu bidang saja. Tentunya itu bidang yang kita sukai atau kita kuasai.

Habibie sendiri sejak memutuskan menjadi insinyur penerbangan, ia terus konsisten dan fokus dengan bidangnya tersebut. Meski sebenarnya banyak peluang yang bisa dikejarnya namun Habibie tidak mau keluar dari bidang yang dia sukai. Maka dari keputusannya untuk konsisten tersebut maka Habibie pun bisa mencapai kesuksesannya seperti sekarang ini.

5. Bertekad Menjadi Pribadi yang Bermanfaat

Terakhir, pesan B.J. Habibie untuk kaum muda yang ingin sukses adalah dengan bertekad untuk menjadi pribadi yang bermanfaat. Ya, salah satu tanda orang sukses menurut B.J. Habibie adalah mereka sangat dibutuhkan dan diperlukan oleh orang banyak di sekitarnya.

Semakin besar pengaruh dan manfaat Anda pada orang lain maka semakin besar pula tingkat kesuksesan yang bisa dicapai. Karena itu, untuk Anda yang ingin sukses tidak ada jalan lain selain berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Semoga menginspirasi.

sumber : maxmanroe.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *