Mengenal Hagia Sophia, Museum yang Kini Menjadi Masjid

Baru-baru ini Hagia Sophia ramai diperbincangkan di seluruh dunia. Seperti yang terlihat pada akun instagram presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dengan keputusan presiden bernomor 2729, Hagia Sophia telah memperoleh status kembali menjadi masjid dan pemerintahannya telah dipindahkan ke Presidensi Urusan Agama.

Hagia Sophia terletak di Istanbul Turki daerah Sultanahmet berjarak beberapa langkah dari Istana Topkapi, Hippodrome, dan Basilica Cistern. Berjarak  20 km dari Bandara Internasional Istanbul.

Hagia Sophia dalam bahasa Turki disebut Ayasofya dan dalam bahasa latin disebut Sancta Sophia yang berarti kebijaksanaan.

Kekaisaran Romawi Timur memutuskan untuk membangun sebuah kuil dengan kehebatan dan keagungan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menugaskan dua orang  arsitek yang juga seorang ilmuwan yaitu Isidore dan Anthemius. Salah satunya adalah guru aritmatika dan geometri terbesar pada masa itu dan guru mekanik paling penting pada masa itu. Keduanya memulai pembangunan kuil ini, tetapi Anthemius meninggal beberapa tahun kemudian, hingga akhirnya diselesaikan oleh Isidore. Pembangunannya memakan waktu tepat 5 tahun dari 532 hingga 537.

en.istanbul.gov.tr

Sebelum difungsingan kembali menjadi Masjid Hagia Sophia adalah sebuah museum yang menarik untuk dikunjungi. Perhatian besar para pengunjung adalah tentang pelat kaligrafi yang ada di Hagia Sophia, Yang tertua milik Teknecizade İbrahim Efendi. Pelat Teknecizade diganti dengan pelat saat ini, yang lebih cocok untuk digunakan antara tahun 1847 dan 1850. Pelat ini juga merupakan pelat kaligrafi terbesar di dunia yang berdiameter 7,5. Pelat ini awalnya 6, kemudian ditambahkan nama Hasan dan Husain, cucu dari Nabi Muhammad SAW, sehingga jumlahnya menjadi 8. Itu telah menggantung di tempatnya selama bertahun-tahun. Terlepas dari ini, di sisi kanan bagian mihrab, di antara lempengan milik tiga sultan yang terpisah, lempeng di atas adalah milik Mahmud II, dan ini adalah pelat kaligrafi terbesar di sebuah masjid di Istanbul. Di sisi kiri mihrab, ada dua pelat kaligrafi yang terpisah.

Bagaimana, kamu tertarik untuk mengunjunginya?

Source : en.instanbul.gov.tr ; www.britannica.com; muze.gen.tr

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.