Google Bakal Hadirkan Dukungan Android Resmi Untuk Raspberry Pi 3

Raspberry Pi merupakan komputer on board yang tidak mengharuskan menjalankan sistem operasi tertentu. Komputer ARM kecil ini didukung oleh beberapa distribusi dari Linux, dan bahkan memilki versi Windows 10 IoT core juga. Sekarang, sepertinya Pi akan mendapatkan dukungan resmi untuk salah satu sistem operasi paling populer di dunia saat ini, yakni Android.

raspberry-pi-3

Seperti yang dilansir Arstechnica, Rabu (25/5/2016), di dalam repositori Google Android Open Source Project (AOSP), telah ditemukan dukungan untuk Raspberry Pi 3. Tentunya ini sangat menarik, karena seperti yang kita ketahui, Raspberry Pi merupakan komputer singel board ARM yang murah, memiliki ukuran seperti kartu kredit, dilengkapi berbagai port, yang memiliki fokus pada dunia pendidikan dan sistem operasi open source.

Dengan mengeluarkan dana sekitar $35 atau sekitar Rp470 ribu, Anda sudah bisa mendapatkan CPU Broadcom BCM2837 AMRv8 1.2GHz, RAM 2GB, GPU VideoCore IV, Wi-Fi 802.11n, dan Bluetooth 4.1. Dengan semua bekal tersebut, Anda dapat menambahkan komponen apapun yang dibutuhkan melalui perangkat eksternal.

Sementara untuk media penyimpanan, terdapat slot microSD, dan untuk tampilannya, Anda dapat menghubungkan ke port HDMI. Sedangkan untuk audionya, bisa menggunakan 3.5mm port audio jack video komposit. Untuk segala keperluan yang lain, bisa menggunakan 4 port USB, Ethernet jack, 40 pin GPIO, CSI port kamera, atau port DSI.

Daftar perangkat AOSP berisi sebagian besar perangkat Nexus dengan beberapa perangkat “generik” yang masuk ke daftar para developer. Sangat jarang untuk melihat perangkat non-Google di AOSP, sehingga tampaknya Google telah mengambil langkah cukup besar ke komputer kecil.

Dengan dukungan source code resmi, itu harus jauh lebih mudah bagi hacker untuk mendapatkan OS Android berjalan di Pi 3. Setelah itu terjadi, Anda dapat mengunduh lebih dari 1,5 juta aplikasi ke komputer Pi untuk membuat perangkat melakukan apapun yang Anda inginkan.

Android juga datang dengan dukungan layar sentuh top-notch dan SDK untuk setiap proyek kustom Anda. Dengan begitu, tak lama lagi kita bisa melihat Android TV di Pi 3 dalam bentuk modifikasi. Selain itu, sistem operasi Android kini juga sudah tersedia untuk komputer-komputer umum dengan menggunakan sistem operasi Remix OS.

sumber : beritateknologi.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *