Enam Cara Ini Efektif Redakan Sakit Tenggorokan

Siapapun pasti pernah merasakan sakit tenggorokan. Gejala sakit tenggorokan biasanya diawali oleh rasa gatal, serak, dan nyeri saat menelan makanan.

Sakit tenggorokan ini disebabkan oleh berbagai macam mulai dari virus, alergi, batuk, bakteri, hingga kebiasaan merokok.

Kali ini kita coba mengulas cara sederhana untuk meredakan sakit tenggorokan sebelum berobat ke dokter jika memang sakit yang dirasakan berkelanjutan. Berikut beberapa metode yang tak ada salahnya Anda coba :

Kumur dengan Air Garam Hangat

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berkumur beberapa kali sehari dengan air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan, menghilangkan lendir, dan mengurangi iritasi atau bakteri. Adapun takaran garam idealnya setengah hingga satu sendok teh.

Makan Permen PelegaTenggorokan

Memakan permen pelega tenggorokan diyakini bakal merangsang produksi air liur yang dapat menjaga tenggorokan anda tetap lembab. Memiliki kandungan bahan-bahan antibakteri berkhasiat mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan Anda.

Minum Obat Batuk Sirup

Obat batuk sirup lazimnya menjadi pilihan utama untuk meredakan sakit tenggorokan akibat batuk. Sebab, obat batuk dalam bentuk sirup efektif mengurangi rasa nyeri di tenggorokan. Namun, Anda harus lebih bijak memilih obat batuk sirup yang tidak menyebabkan kantuk.

Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih sangat penting terutama pada saat Anda sedang sakit tenggorokan. Hal ini bertujuan menjaga selaput lendir agar tetap lembab, dan dapat memerangi bakteri ataupun iritasi seperti alergen. Selain itu, air putih dapat membuat tubuh Anda lebih mampu dalam melawan gejala flu.

Minum Teh

Secangkir teh herbal hangat dipercaya dapat menawarkan efek yang menenangkan saat Anda mengalami sakit tenggorokan. Teh non-herbal juga dapat menangkal infeksi dan memperkuat daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan. Anda pun bisa menambahkan satu sendok teh madu pada secangkir teh karfena madu memiliki sifat antibakteri yang dapat mempercepat kesembuhan.

Makan Sup Ayam

Memakan sup ayam juga dapat mengurangi sakit tenggorokan. Natrium dari kaldu sup ayam memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu proses kesembuhan radang tenggorokan. Sup ayam juga diperkaya nutrisi yang dapat melawan penyakit lainnya.

 

Sumber: okezone.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *