Cara Mudah Merawat Baterai Ponsel Tetap Awet

Adi Fida Rahman – detikinet

Jakarta – Sering kali kita merasa kesal karena baterai ponsel tak sanggup bertahan sampai seharian. Tapi sebenarnya hal tersebut karena ulah kita sendiri yang bikin baterai cepat drop.

Selain menjalankan aplikasi yang menyedot daya yang besar, terkadang kita melakukan pengisian baterai secara tidak benar.

Seperti detikINET kutip Techinsider, Kamis (26/11/2015), laman Battery University mengungkap bahwa baterai lithium-ion dalam ponsel terkadang mengalami ‘stres’. Dan seperti manusia, bila kondisi itu terus berlanjut akan merusak baterai.

Jika ingin membuat baterai tetap terjaga kondisinya. Kita harus mengubah beberapa kebiasaan, yakni:

1. Lepaskan Charger Ketika Penuh

Berdasarkan laman Baterry University, meninggalkan ponsel yang tercolok dikondisi baterai penuh memberi efek buruk bagi baterai dalam jangka panjang.

Saat baterai sudah terisi penuh, lepaskan dari charger. Baterrey University mengibaratkan hal tersebut seperti merelaksasi otot setelah melakukan olahraga berat.

Anda pun pasti tidak mau bekerja tanpa henti. Begitu pula baterai ponsel Anda.

2. Jangan Charge Sampai 100%

Menurut Baterry University baterai Li-ion tidak memerlukan pengisian penuh. Jadi disarankan untuk tidak mengisi hingga 100%. Karena tegangan tinggi akan menekan baterai.

3. Charge Lebih Sering, Tidak Apa-apa!

Untuk membuat baterai bahagia lebih baik lebih sering mengecasnya. Hal ini dinilai lebih baik ketimbang mengisinya dalam kondisi kosong.

Battery University menyarankan mengecas ponsel sebelum mencapai 10%. Tapi tentu ini tidak praktis. Jadi charge-lah sesering mungkin. Tak perlu takut, karena hal tersebut tidak merusak baterai.

4. Pastikan Tetap Dingin

Baterai ponsel cukup sensitif terhadap panas. Ada beberapa saran yang patut dilakukan. Jika Anda mendapati ponsel mengalami panas saat diisi ulang, coba lepaskan casing.

Bila berada di bawah terik matahari, jaga ponsel tetap tertutup. Semua itu akan melindungi kesehatan baterai Anda.

Selamat mencoba!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *